Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Biografi Bung Karno Sang Proklamator Negara Republik Indonesia

Biografi Bung Karno Sang Proklamator Negara Republik Indonesia

Siliput.com, - Ok pada kesempatan kali ini, kita akan moncoba membahas biografi seorang tokoh yang paling berpengaruh di negeri kita tercinta Indonesia ini yaitu biografi Soekarno yang di kenal dengan nama panggilan Bung Karno.

Sampai saat ini bapak proklamator kita tercinta ini, menjadi salah satu tokoh yang paling dikagumi di Indonesia. 

Beliau merupakan pesohor di Indonesia dengan isi pidato yang dapat menginspirasi dan membakar semangat kaum anak – anak muda pada masanya.

Bahkan sampai saat ini isi dari pidato bung karno masih selalu disukai dan dijadikan pembakar semangat generasi penerus setelahnya. 

Sebagai presiden, Soekarno tentunya sangat disegani oleh para pemimpin negara di dunia pada masa itu.

Soekarno dilahirkan di Surabaya tepatnya pada tanggal 6 Juni 1901 dengan nama asli Koesno Sosrodihardjo. 

Beliau merupakan anak yang berprestasi sejak kecil, bahkan Soekarno mampu menguasai begitu banyak bahasa, sehingga dikenal dengan kecerdasannya di mata dunia.

Biografi Soekarno :
  • Nama lengkap : Ir. Soekarno
  • Nama panggilan : Bung Karno
  • Nama kecil : Kusno
  • Tempat, tanggal lahir : Blitar, 6 Juni 1901
  • Agama : Islam
  • Nama Isteri :Fatmawati
  • Hartini
  • Ratna Sari Dewi
  • Nama Anak : Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati, Guruh (dari Fatmawati), Taufan, Bayu (dari Hartini), Kartika (dari Ratna Sari Dewi)
  • Pendidikan : HIS Hoogere Burger School (HBS) di Surabaya , Technische Hoogeschool (THS) di Bandung
  • Meninggal : 21 Juni 1970
  • Dimakamkan : Blitar, Jawa-Timur
Bung Karno adalah nama populer dari Soekarno. Pada masa kecil Soekarno tidak tinggal bersama dengan orang tuanya yang berada di Blitar. 

Ia tinggal bersama dengan kakeknya yang bernama Raden Hardjokromo di Tulung Agung, Jawa Timur.

Soekarno bahkan sempat mengenyam sekolah disana walau tidak sampai selesai, karena harus ikut bersama dengan orang tuanya yang pada waktu itu pindah ke Mojokerto.

Di Mojokerto, Soekarno kemudian disekolahkan di Eerste Inlandse School dimana ayahnya juga bekerja disitu sebagai guru.

Akan tetapi kemudian ia dipindahkan pada tahun 1911 ke ELS yang setingkat sekolah dasar untuk dipersiapkan masuk di HBS yang ada di Surabaya.

Setelah tamat dan bersekolah di HBS tahun 1915, Soekarno kemudian tinggal di rumah Haji Oemar Said Tjokroaminoto atau HOS Cokroaminoto yang merupakan sahabat dari ayah Soekarno. 

Dari sanalah Soekarno kenal dengan dunia perjuangan yang membuatnya menjadi pejuang sejati.

Pada tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno dan Mohammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Jepang dimana pada tanggal ini juga diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia sekaligus hari dimana Soekarno diangkat menjadi presiden pertama Indonesia.

Dalam biografi Soekarno, ia berhasil membentuk pancasila dengan timnya sebagai dasar negara Indonesia.

Dengan proklamasi kemerdekaan ini juga membuat kawannya Mohammad Hatta dinobatkan sebagai wakil presiden pertama Indonesia untuk mendampingi Soekarno.

Diluar sosoknya sebagai Bapak Bangsa Indonesia, tidak banyak orang yang tahu jika Soekarno pernah menikah sebanyak sembilan kali. 

Kharisma yang luar biasa dimiliki oleh Soekarno melalui penuturan orang – orang yang dekat dengannya, membuat wanita cantik terkesima dan kemudian dijadikan istri Soekarno. Beliau tertarik dengan wanita sederhana dan sopan.

Salah satu istrinya Fatmawati pernah bertanya pada presiden Soekarno mengenai wanita yang berpenampilan seksi. 

Beliau menjawab bahwa wanita yang penampilannya sopan dan sederhana lebih menarik dan lebih ia sukai. 

Menurut Soekarno kecantikan seorang wanita terlihat dari keaslian, tutur bahasanya, sikapnya dan kesederhanaan yang terpancar dari dalam dirinya.

Itulah biografi Soekarno yang dapat menjadi teladan atas perjuangan sejak kecil sampai menjadi bapak presiden pertama Indonesia yang dikenal dunia. 

Semoga biografi Soekarno ini dapat bermanfaat dan membuatmu makin mengagumi sosok bapak presiden pertama kita ya. Ikuti terus artikel biodata lainnya hanya di AkuPaham.