Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Biografi Kurt Cobain Legenda Musik Grunge

 

Biografi Kurt Cobain Legenda Musik Grunge

Siliput.com - Kurt Donald Cobain atau yang lebih dikenal dengan nama Kurt Cobain lahir tanggal 20 Februari 1967 merupakan penyanyi dan musisi dari Amerika Serikat yang lahir di Aberdeen, Washington, AS.

Ia merupakan gitaris dan juga vokalis serta pembentuk grup band grunge, Nirvana. Kurt Cobain dikenal sebagai sosok yang pendiam, tempramen dan juga emosional.

Bahkan suatu saat, Kurt Cobain pernah mengajak Axl Rose "vokalis Guns N Roses" untuk berduel di atas panggung. Kurt Cobain sangat membenci hidupnya dan selalu merasa frustrasi.

Bahkan Ia pernah mengatakan, “I hate myself and I want to die”. Rasa kebencian dan frustrasinya-lah yang membuat dia masuk ke dunia musik. ia ingin menuangkan ungkapan rasa frustrasi tersebut ke dalam lagu dan musik yang keras dan kemudian dikenal dengan musik grunge.

Kegilaannya bahkan membuat dia digilai oleh fans fanatiknya di seluruh dunia. Kurt Cobain menjadi simbol musik grunge yang akan selalu dikenang oleh penggemar musik, istimewa penggemar band Nirvana.

Mungkin gak banyak yang mengenal seluk-beluk kehidupan sang Legenda. Dia akhirnya ditemukan mati sekitaran tahun 1994. Selama ini diketahui bahwa penyebab kematiannya adalah karena bunuh diri.

Pistol ditemukan didekat jenazahnya. Namun, kematiannya masih merupakan konspirasi yang hingga saat ini masih sering dibicarakan, terutama oleh fans fanatiknya.

Kematian sang legenda diikuti dengan bunuh diri massal yang dilakukan oleh penggemar fanatiknya sebagai rasa empati terhadap sang legenda.

Masa Kecil dan Remaja

Sejak usia balita, Kurt Cobain sudah mulai memainkan alat musik. Di umur 4 tahun dia mulai menyanyikan lagu-lagu buatannya secara spontan setelah berkunjung di taman-taman sekitar tempat tinggalnya.

Di usia 9 tahun, orang tua Kurt Cobain cerai. Perceraian tersebut membuatnya merasakan hal yang paling memalukan dalam hidupnya.

Dia bahkan malu dengan teman-teman sekolahnya karena family nya hancur oleh perceraian. Hal tersebut yang membuat masa kecilnya menjadi ancur.

Di usia remaja ia mulai berkelakuan seperti orang dewasa. ia mulai melakukan kekerasan dalam sekolah (bullying) terhadap teman-teman sekolahnya.

Sejak kecil ia sudah mulai mendengarkan lagu-lagu The Ramones dan The Beatles. Meski tidak memiliki ketertarikan di bidang olah raga, Kurt Cobain dulunya merupakan seorang pegulat yang miliki skill lumayan bagus.

Bakat seninya emang sudah terlihat sejak remaja. Dia pernah menghabiskan waktu di masa sekolah untuk melukis. ia pernah melukis karikatur Michael Jackson dan presiden AS saat itu, Ronald Reagen.

Kurt Cobain memiliki bakat luar biasa teristimewa di bidang seni. Ia kemudian mempelajari gitar di saat dia masih duduk di bangku sekolahan.

Beberapa musisi di era 60 hingga 70-an menjadi pengaruh terbesar bagi perkembangan permainan dan pengetahuan musiknya.

Kisah Tentang Kurt Cobain dan Pengaruh Musiknya

Pengaruh musik Kurt Cobain saat masih kanak-kanak adalah The Beatles, di mana bibinya sering memutarkan lagu ‘Hey Jude’ saat Kurt Cobain masih kecil.

Selain itu, Kurt Cobain sangat tergila-gila dengan musik rock klasik era 70-an seperti Queen, Led Zeppelin, Aerosmith, Black Sabbath, Kiss, AC/DC, dan sebagainya. Seiring waktu, pemahaman musik dan favoritnya mulai berganti.

Ia pernah menjadi fan fanatik musik punk rock. Ia sangat mengidolakan band asal Britania Raya, Sex Pistols. Ia juga menyukai musik alternative rock, yang bisa memadukan berbagai aliran ke dalam musik rock sebagai musik dasar yang ia sukai.

Kurt Cobain suka mendengarkan banyak lagu, serta menyukai berbagai macam aliran musik. ia lebih terlihat ke aliran punk rock, hingga pada akhirnya menciptakan aliran musik sejenis grunge dengan band-nya Nirvana.

Kurt Cobain dan Nirvana

Di masa-masa dia duduk di bangku sekolah, ia mencari-cari teman yang bisa diajak bermain musik bersama. Ia sering pindah tempat tongkrongan hanya untuk menyalurkan bakat musiknya dan bermain bersama dengan teman sepermainannya saat itu.

DIa lalu bertemu dengan Krist Novoselic, yang merupakan penggemar berat punk rock. Ibu Krist miliki salon kecantikan, serta mereka sering bermusik bersama di lantai atas salon tersebut.

Lama-kelamaan mereka menemukan kecocokan musik satu sama lain. Kurt Cobain pernah menawarkan Krist untuk membentuk grup band bersama, dan mengajukan lagunya sebagai demo dari band-nya yang sebelumnya.

Setelah tawaran berbulan-bulan, Krist Novoselic akhirnya setuju. Mereka berdua kemudian bergabung untuk membentuk band yang kemudian disebut ‘Nirvana’.

Di masa muda Kurt Cobain, ia percaya dengan konsep Buddha terhadap sebutan ‘Nirvana’ yang memiliki arti bebas dari segala rasa sakit dan tempat merasakan kebahagiaan. Sebutan itulah yang ia pakai untuk nama band-nya.

Nirvana sepanjang karirnya sering sekali berganti drummer, hingga akhirnya menemukan Dave Grohl di tahun 1990 hingga pada akhirnya Nirvana bubar tahun 1994 setelah kematian Kurt Cobain.

Di awal karir Nirvana sebagai sebuah grup band profesional, Nirvana memakai jasa produser lokal untuk memproduseri album debut mereka, Bleach. Album tersebut dipengaruhi oleh musik-musik heavy metal dan juga punk.

Nirvana pada akhirnya mulai dikenal dan digemari oleh pecinta musik sejak dirilisnya album Nevermind di tahun 1991.

Album tersebut merupakan suatu kebanggaan besar Nirvana karena dapat menggeser album Dangerous-nya Michael Jackson di tangga lagu Billboard Amerika Serikat.

Nevermind meraih posisi pertama di Billboard, dengan single luar biasa dari luapan emosi Kurt Cobain yang dituangkan dalam lagu Smells Like Teen Spirit.

Dalam album tersebut ada juga lagu yang bakal dikenang seperti Come As You Are dan juga Breed.

“Smells Like Teen Spirit” sendiri terinspirasi dari tulisan temannya yang saat itu sedang berdiskusi tentang anarki, punk rock dan topik-topik yang serupa. Temannya itu bernama Kathleen Hanna yang merupakan penyanyi dari band punk Bikini Kill.

Ia menulis di dinding tempat tinggal Kurt Cobain dengan tulisan “Kurt Smells Like Teen Spirit.” Teen Spirit sendiri merupakan nama sebuah merek deodoran, dan ia berkata bahwa Kurt Cobain baunya seperti deodoran Teen Spirit tersebut.

Kurt Cobain menganggap bahwa kalimat tersebut memiliki arti revolusioner, dan terinspirasi mengungkapkan perasaannya dengan lagu yang berjudul “Smells Like Teen Spirit.”

Kesuksesan besar-besaran mengikuti Nirvana. Fans beratnya ada dimana-mana termasuk di Indonesia. Kurt Cobain dan Nirvana dianggap sebagai bentuk revolusi musik dengan grunge-nya yang saat itu masih baru.

Meski memiliki komponen rock dan punk yang sangat kental, grunge memiliki bentuk sendiri yang menjadi khas musik Nirvana yang akan dikenang.

Sampai Nirvana bubar, mereka hanya merilis 3 studio album yaitu Bleach (1989), Nevermind (1991), In Utero (1993). Nirvana bubar saat Kurt Cobain diketahui telah tewas bunuh diri di tempat tinggalnya

Karir musik gemilang Nirvana berhenti begitu saja sejak tewasnya sang vokalis dan gitaris, meninggalkan karya musik yang luar biasa.

Nirvana resmi bubar tahun 1994 karena kematian Kurt Cobain. Sejak terbentuknya mereka telah berhasil menjual 50 juta keping album di seluruh dunia, dan lebih dari 20 juta keping di Amerika Serikat.

Berbagai penghargaan pernah mereka raih sebagai album nomor 1, single nomor satu juga MTV Music Awards.

Biodata Singkat Kurt Cobain
  • Lahir: Kurt Donald Cobain; 20 Februari 1967
  • Anak: Frances Bean Cobain
  • Artis terkait: Nirvana; Fecal Matter; Earth; The J...
  • Meninggal: 5 April 1994 (umur 27)