Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengenal Motor Pabrikan Honda GL 100 Yang Banyak Di Minati Para Pecintanya

Mengenal Motor Pabrikan Honda GL 100 Yang Banyak Di Minati Para Pecintanya

Siliput.com - Mengenal Motor Pabrikan Honda GL 100 Yang Banyak Di Minati Para Pecintanya, kali saya akan membahas kembali soal otomotif, pabrikan honda kembali mengeluarkan seri terbaru nya setelah CB 100 Dan CB 125 sudah tidak di produksi datang gerasi barunya yaitu Honda GL 100 yuk kita langsung saja ke intinya bro?

Kemunculan Honda GL bermula dari dihentikannya produksi CB, Honda kemudian mengandalkan model GL untuk dijual di Indonesia. GL100 sendiri pertama muncul di Indonesia sekitaran tahun 1979.

Model sih awalnya masih hampir sama dengan Honda CB100 karena mesin masih menggunakan pengapian platina, GL100 generasi awal menggunakan lampu dan speedo bulat , spion bulat, lampu sein bulat dan rem cakram depan mekanis alias pake kabel.

Memasuki akhir tahun 1985 GL100 mendapat ubahan yang cukup Derastis, generasi ini kemudian lebih dikenal dengan sebutan GL100 CDI, yaa, model ini sudah mengusung sistem pengapian menggunakan CDI.

Dari soal desain tampilannya sudah berubah menjadi lebih modern, bahkan bisa dibilang salah satu motor sport terkeren di jamannya. 

Lampu depan, lampu sein dan lampu belakang serta spion berubah menjadi kotak, sungguh perubahan yang sangat derastis dan sering di bilang GL bokong kotak

Tak hanya itu saja, aksen krom juga menyelimuti hampir seluruh bagian GL 100. Dasi shock krom, dual klakson berlapis krom, slebor depan belakang chrome. 

Ditambah panel indikator yang lengkap pada speedometer. Seperti tachometer, fuel meter, netral, turn lamp, Oh ya, rem depan juga sudah cakram.

“Bawaan orisinalnya enak aja sih apa lagi jika diajak touring,pemakaian bbm irit, nyaman di kendarai dan pastinya terlihat keren, parts berlimpah, dibikin ori jauh lebih gampang dibanding Honda CB100, jok dan suspensi bawaannya serta bantingannya juga empuk. 

Harga waktu itu beli Rp 4-5 jutaan, sangat murah banget. jika Mau mesin bertenaga dikit tinggal di up aja pakai jeroan GL Pro, ditambah suara knalpot oriannya juga mempunyai ciri khas banget?

Jika kalian ingin membelinya terlebih dahulu kalian harus mengetahui Spesifikasi nya ya, berikut saya akan menjelaskan sedikit spesifikasi nya broo

Spesifikasi Honda GL 100 :
  • Mesin : 1 silinder / berpendinginan udara
  • Kapasitas silinder : 105 cc
  • Diameter / langkah : 52 mm / 49,5 mm
  • Perbandingan kompresi : 9,2 :1 1
  • Daya maksimum : 12 DK / 10.000 RPM
  • Torsi maksimum : 8,3 Nm / 8.500 RPM
  • Panjang / lebar / tinggi : 1900 / 735 / 1017 mm
  • Jarak sumbu roda : 1200 mm
  • Berat kosong : 98,5 kg
  • Ban depan : 2,50 / 18
  • Ban belakang : 2,75 / 18
  • Jenis/kapasitas tangki bbm : bensin / 11,5 liter
  • Pemakain bahan bakar : 50 km/jam
  • Jenis/Kapasitas oli engine :1 liter
Dan Seiring berjalannya waktu, Pabrikan Honda kembali meluncurkan produk terbaru nya ialah GL bermesin 125cc dengan nama Honda GL Max pada tahun 1985.

GL Max tidak sendiri bro, ia mengaspal di temani Honda GL Pro yang memiliki kapasitas mesin 145 cc di tahun yang sama.

Honda memiliki dua motor yang di jagokan GL generasi terbaru, akan tetapi GL100 tetap diproduksi hingga 1990-an.

Penerus GL125 ini mulai diminati konsumen hingga membuat pabrikan meluncurkan beberapa variasi lain, yakni GL Max CDI dan GL Max Neotech 145

Lantas bagaimana kelanjutan Honda GL Pro yang mengaspal bersamaan dengan GL Max generasi pertama?

Honda GL Pro yang memiliki mesin lebih besar pun terus diproduksi oleh pabrikan hingga tahun 1991.
Selain itu, GL Pro generasi pertama ini memiliki julukan GL Pro White Engine bro,

Berbeda dengan penerusnya yang hadir pada 1992. Penerusnya tersebut hadir dengan nama GL Pro Black Engine yang didatangkan ke Indonesia dengan perubahan yang berbeda?

Sayang nya GL pro Black engine tidak bertahan lama produksi nya, predaran nya harus berakhir sekitaran tahun 1994

Namun generasi GL Pro tidak berhenti hanya disitu sajah, Pabrikan Honda ini mengeluarkan generi selanjutnya dengan parian baru Yaitu GL Pro Neotech dengan di bekali mesin dengan kapaasitas 160cc.

Mesin yang di gunakan nya berbeda dengan generasi GL pro sebelum nya, Sayang Sekali GL pro yang banyak di minati ini harus berakhir produksi nya kisaran tahun, 1999 kalau di lihat dari tampilan nya Honda GL seres Harus Berakhir di GL Pro Neotech.

Posting Komentar untuk "Mengenal Motor Pabrikan Honda GL 100 Yang Banyak Di Minati Para Pecintanya"