Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Motor Jawa Jadul Era 60-70an Motor Antiq Paling Dicari

Motor Jawa Jadul Era 60-70an Motor Antiq Paling Dicari

Siliput.com,- Kali ini saya akan membahas yang mudah sajah atau ringan, yaitu saya akan membahas tentang pabrikan motor, Jawa motor sebelum nya ada yang pernah tau gak? Pabrikan motor ini berasal dari mana??

Pasti kalian menyangka pabrikan motor ini berasal dari jawa salah satu pulau yang ada di Indonesia,ya saya juga menduga pabrikan motor ini asal indonesia karena merk motor nya jawa, jelas bukan dari jawa

Dari pada penasaran yuk kita bahas  tentang  pabrikan motor ini yang keren dan pasti sangat bagus ??

Jawa motor, pabrikan yang di buat di ceko sekitar tahun 1929, awal berdiri nya pabrikan ini, di mulai dengan gugur nya pabrikan motor asal jerman di negara pecahan cekoslavia. 

Nama jawa bukan di ambil dari nama pulau yang ada di Indonesia,  nama jawa di ambil dari nama pendiri nya, yaitu Frantisek janecek dan Wanderer jawa yaitu akronim dari Frantisek janecek dan Wanderer. Jadi di panggil lah dengan sebutan motor jawa.

Motor jawa pertama di perkenalkan pada tanggal 23 oktober 1929, dengan tampilan mesin  500cc 4-Tak, dan kemudian di susul pada tahun 1930 jawa mengeluarkan motor produksi barunya, dengan kapasitas mesin, 175cc dan yang pasti motor jawa keluaran ini cukup sederhana dan murah, pada tahun 1935 jawa mulai memproduksi motor OHV berkapasitas 350cc??

Pada tahun yang sama tahun 1935 jawa mengeluarkan motor 2500cc Spesial, yang menjadi motor serbaguna terluas di seluruh dunia, terutama di pasca perang dunia ke 2??

pasca perang dunia motor jawa ini sangat membantu apa lagi motor yang di produksi  dengan sederhana dan harga yang cukup murah dan tidak kalah saingan dengan pabrikan motor lain seperti BSA dll

Pada tahun 1950-an jawa adalah salah satu produsen motor terkemuka dan mengekspor model nya ke lebih dari 120 Negara, model yang palih terkenal pada jaman nya itu, adalah jawa 350 perak. 

Pada tahun 1970 munculah bentukan motor jawa dengan warna hitam dan merah, setelah beberapa tahun kemudian terjadilah tepat nya sekitar tahun 1980-1990 terjadi kehilangan produksi yang sangat besar, dan sepeda motor JAWA mendapat kebangkitan nya kembali pada tahun 2018  di India, yang di miliki oleh Mahindra yang di sepakati oleh Jawa Moto??

Pada 2016, Mahindra elalui anak perusahaan nya Classic Legend Private Limited, menandatangani kontrak,  lisensi Merk jawa, yang memungkin kan nya memproduksi mtor dengan Nama jawa??

Di bawah tangan Mahindra, pada 2018 tiga model jawa lahir meramaikan industry otomotif??

Dengan tetap mengusung desain klasik?

Tidak hanya motor, jawa juga memproduksi mobil Jawa pada tahun 1934, mobil yang pertama di buat dengan kapasitas mesin 700cc ialah mobil yang pertama kali di buat, secara keseluruhan , 1.002 kendaraan di produksi

Dan muncul lagi mobils sport jawa dengan kapasitas mesin 750cc, mobil ini di produksi hanya enam bagian untuk mengikuti balapan 1000mil, di cekoslowakia pada tahun 1933-1935??

Pada tahun 1937, Jawa 600 minor dimodifikasi diperkenalkan, yang menggantikan JAWA 700. 

Produksi berlanjut dalam jumlah terbatas selama Perang Dunia II, dan beberapa dirakit pada periode pascaperang. 

Lebih dari, 14.000 kendaraan di produksi dan lebih dari setengah nya di ekspor ke luar Negri. 

Penggantinya adalah Aero minor itu, bagaimanapun, diproduksi oleh Aero dan bukan oleh Jawa, dari tahun 1946 sampai 1952??

Dan itulah sedikit cerita dari perjalanan produsen motor jawa, yang saya tau dari beberapa sumber yang pernah mempunyai dan tahu tentang sejarah nya motor jawa yang ada juga di Indonesia bahkan hingga saat ini??

Posting Komentar untuk "Motor Jawa Jadul Era 60-70an Motor Antiq Paling Dicari"