Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sejarah Motor Matic Di Jalanan Indonesia

 

Sejarah Motor Matic Di Jalanan Indonesia


Siliput.com - Kalian tentunya sering melihat motor matik berkeliaran di jalan raya, Ya benar, motor matik sudah menjadi barang umum dan paling banyak di pilih orang, terutama bagi para bikers yang tidak ingin kesusahan dalam melakukan perawatan, karena perawatan nya yang lumayan mudah?

Namun, apakah kamu tahu sejak tahun berapa motor matik hadir di jalanan Indonesia, Motor apa saja yang meramaikan tren di indonesia, Jika belum, mari kita bahas sedikit mengenai sejarah nya.

Motor matic saat ini merupakan jenis motor terlaris di Indonesia. Menurut data Industri Sepeda Motor Indonesia dari 10 motor terlaris di tahun 2017 karena 7 diantaranya adalah motor matic. Karena itu kita akan membahas mengenai sejarah lahirnya motor matic dan perkembangannya sampai menjadi motor terlaris seperti sekarang ini.

Motor matic pertama kali dicetuskan oleh perusahaan Piaggio dengan mengeluarkan Vespa Corsa 125. Vespa Corsa 125 merupakan motor matic pertama di dunia yang dibuat pada tahun 1984. Pada awalnya perusahaan Piaggio yang didirikan oleh Rinaldo Piaggio di Genoa, Italia sekitaran tahun 1884?

Motor Vespa dibentuk oleh Corradina D’Ascaino yang merupakan insinyur di bidang penerbangan. D’Ascanio membuat rancangan yang simple,ekonomis, nyaman dan juga mudah di kendarai.

Vespa Corsa 125 dibuat pada tahun 1991-2006, sebagai Agen Tunggal, Vespa di Indonesia dengan lisensi penuh dari Piaggio Italy.

kemunculannya Vespa Corsa 125 mendapat antusias yang cukup baik dari para penggemarnya dan sempat mejadi tren gaya bermotor untuk kaum wanita karena transmisi automatic-nya. Vespa Corsa bermesin 2 tak 121cc, ukuran Bore x Stroke sebesar 55x51mm dan menghasilkan tenaga max sebesar 6,87 horse power

pada putaran mesin 5.600 rpm dan dapat berlari hingga kecepatan max 90km/jam. Sistem pencampuran oli sampingnya berlangsung secara otomatis dan untuk karburatornya menggunakan

merek yang biasa digunakan motor Vespa yakni merek DellOrto Tipe 19E. Corsa menggunakan dual starter untuk menghidupkan mesinnya yakni electric starter dan kick starter. Bagian roda depan dan belakang Corsa menggunakan ban berukuran 3.00 x 10" dengan sistem rem tipe drum.

Design Vespa Corsa 125 memiliki bentuk tubuh yang klasik modern seperti layaknya tongkrongan Vespa Matik terbaru, dimensi tubuhnya lebih kecil dari kebanyakan model Vespa lainnya karena menggunakan platform Vespa small.

Setelah Vespa Corsa 125 munculah beberapa merk motor matic di Indonesia antara lain adalah Kymco Jetmatic 125. 

Motor pabrikan asal Taiwan ini tersohor dengan produk-produk Jetmatic, salah satunya adalah model Jetmatic Trend 125. Skuter ini dirilis pada awal tahun 2000, saat itu Jetmatic terbukti sebagai motor tangguh dengan melakukan tes performa Jakarta-Bali nonstop selama 100 jam?

Secara tampilan, Jetmatic Trend 125 tampil dengan desain yang aeorodinamis sehingga hambatan udara menjadi lebih kecil. Skuter ini akan tetap stabil meski dilajukan dengan kecepatan tinggi. Kymco

Jetmatic Trend 125 dibekali dengan mesin tipe 4-stroke, SOHC, berkapasitas 124,6cc. Kymco Jetmatic Trend 125 diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal 9,6 horse power pada putaran 7.500rpm dan torsi puncak menembus 1,0kg-m pada putaran 6.500rpm melalui system CVT otomatis.

Selain Kymco Jetmatic 125, di awal tahun 2000 Yamaha baru memulai riset motor matic dengan menghadirkan motor matic baru yaitu Yamaha Majesty 125 dan Yamaha Glide 100.

Baru pada tahun 2002, diluncurkan Yamaha Nouvo generasi pertama yaitu Nouvo AT 115 di Indonesia sering disebut dengan Nouvo lele. Disebut dengan lele mungkin karena bentuk dari bagian haluan sepintas menyerupai ikan lele. 

Tahun 2002 tepatnya motor ini dirilis di Indonesia dengan system mendatangkan langsung dari Thailand. Nouvo AT berkapasitas 115cc menggunakan atlit sepak bola Michael Owen sebagai model iklannya. Lalu pada tahun 2003 Yamaha meluncurkan varian Yamaha Mio generasi pertama.

Setelah Yamaha merajai penjualan skutik selama 4 tahun-an, maka pada tahun 2006 pabrikan Honda meluncurkan varian pertamanya, yakni Honda Vario 110 disusul pada tahun 2008 dengan merilis Honda Beat. Pada tahun 2006 itu, Suzuki juga meluncurkan varian skuter pertamanya yang dikenal dengan Suzuki Spin 125.