Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sejarah Norton Motorcycle Motor Para Bikers Yang Hobi Motor Tua

Sejatah Norton Motorcycle Motor Para Bikers Yang Hobi Motor Tua

Siliput.com - James Lansdowne Norton, lahir di Birmingham pada tahun 1869 serta dibesarkan di suatu keluarga kelas menengah yang menganut mengerti religius yang taat. Setelah itu dikala anak muda ia meninggalkan bangku sekolah serta magang ke pembuat sparepart sepeda serta lekas ikut serta dalam pembuatan rantai sepeda. 

Pekerjaan tersebut terhenti kala dia mengidap serbuan penyakit demam rematik parah kala dia berumur 19 tahun. Serbuan itu begitu kurang baik sehingga dokter menganjurkan kalau melaksanakan ekspedisi laut ialah satu langkah terbaik buat pemulihan keadaan kesehatannya. 

Anjuran tersebut dikerjakannya pada tahun 1888, dia berangkat ke New York Amerika serta kembali dengan memakai armada kapal new Trans Atlantic liners. Ekspedisi laut tersebut lumayan menolong kurangi rasa sakit

namun dia senantiasa mengidap penyakit tersebut seumur hidupnya. Sejarah selanjutnya diawali pada tahun 1898, kala dia mendirikan industri Norton Manufacturing Company di Bromsgrove Street, Birmingham. 

Salah seseorang temannya bernama Charles Riley Garrard, seseorang pengusaha kaya raya, memandang terdapat suatu kemampuan serta kesempatan menciptakan uang dari zona tranportasi. Pada dikala itu Prancis merupakan perintisnya, serta pada tahun 1902 Garrard memperoleh kesepakatan buat impor mesin buatan Clement France yang hendak dipasang ke sepeda serta dipasarkan dengan nama mesin Clement- Garrard.

Industri Norton menemukan order membangun frame buat Garrard. Serta pada November 1902 sepeda bermesin awal buatan Norton dibuat serta diiklankan oleh Norton pada tahun 1903 dengan nama Energette. Dalam iklan tersebut disebutkan sepeda ini

selaku sepeda yang sempurna buat dokter serta sesuai buat bisnis, tur serta balap.
Semacam mesin penciptaan Clement yang lain, mesin Norton Energette
ini bertype 4T 145cc dengan memakai Atmospheric intake valve serta Mechanical exhaust valve. Kecepatan optimal Norton Energette ini kira- kira 20mph "dekat 32kmh"

Tidak hanya membuat frame buat Garrard serta Energette- nya sendiri, Norton pula mengawali bisnis komponen. Jelas nampak kalau Norton sudah memutuskan buat diversifikasi usaha. Nama Energette yang disematkan pada produk Norton pada November 1903 ialah petunjuk mula- mula jika mesin yang lebih besar lagi dalam persiapan.

Cerita bersinambung dikala digelarnya lomba balap awal 1907 Isle of Man Tourist Thropy( awal kali diselenggarakan). Kejuaraan ini mencirikan titik balik dalam sejarah sepeda motor dunia. Pada dikala itu, mesin- mesin buatan Prancis mendominasi sebagian besar kejuaraan balap. 

Ketentuan internasional dikala itu sudah menimbulkan sebagian prototype mesin aneh lagi dibesarkan. Pihak berwenang menolak buat mengganti peraturan tersebut serta dampaknya sebagian prototype mesin balap yang beresiko mulai terbuat.( hwaduh!): shock:

Norton tidak ketinggalan buat turut dan dalam kejuaraan yang baru awal kali diawali tersebut dengan membuat sepeda motor memakai mesin V- Twin 726cc buatan Peugeot bertenaga 5Hp.

Pada disaat hendak dimulainya kejuaraan 1907 TT tersebut tidak terdapat yang memperhitungkan keikutsertaan Norton dengan pembalapnya Rem Fowler. Terlebih Motor buatan Norton tersebut belum sempat dicoba tadinya pada lintasan balap. 

Tetapi prediksi selaku underdog tersebut dimentahkan dikala race diawali. Fowler melaju jadi yang tercepat pada lap awal kejuaraan tersebut, hendak namun pada putaran terakhir terjalin permasalahan mekanis serta menempatkannya pada posisi ke 3 klasifikasi dibawah Charlie Collier dengan motor Matchless serta Jack Marshall dengan motor Triumph.

Sejarah Race TT mencatat Norton ini selaku yang sepeda motor tercepat awal kali dalam perlombaan tersebut! hebat Industri Norton terus tumbuh. Pada tahun 1908

Norton Twin diperbesar kapasitasnya hingga dengan 76 x 80mm serta siap menjajaki kejuaraan TT pada tahun 1908. 2 Norton turut dan dengan rider Fowler serta FC Perryman. Keduanya kandas buat menuntaskan lomba, Perryman kehilangan bahan bakar serta Fowler hadapi kehancuran pada klep yang jadi renggang

Kegagalan Norton bemesin Peugeot ini lumayan mengecewakan Norton. Berikutnya ia lekas mendesain ulang mesin ini dengan improvement nya sendiri serta menjadikannya model single Cylinder sidevalve( with fully mechanical valves) bertenaga 3, 5hp. Pergantian ini nyatanya banyak diminati oleh konsumen serta model ini sukses dalam ujicoba bermacam keadaan jalur serta ketahanan mesinnya.

Posting Komentar untuk "Sejarah Norton Motorcycle Motor Para Bikers Yang Hobi Motor Tua"