Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Triumph Bonnevile Motorcycle Motor Para Bikers

 

Triumph Bonnevile Motorcycle Motor Para Bikers

Siliput.com - apakah kalian pernah mendengar nama Triumph Bonneville. Kalau kalian suka dengan Motor Klasik, atau motor custom yang sering di sebut modifikasi seperti. Cafe-Racer, Scrambler, dan lain sebagainya, pasti kalian sudah nggak asing lagi dengan nama motor tersebut?

Jika kalian penasaran dengan sejarah dan kisah Sang Legenda Motor pabrikan asal Inggris, ya dialah motor legenda Triumph Bonneville, Dari pada penasaran, Yuk kita langsung bahas saja ga usah berlama-lama sejarahnya.
Triumph Bonneville adalah sebuah mahakarya tersukses pabrikan motor asal inggris, dan pernah menjadi best-selling di pasar UK dan Amerika sekitaran tahun 1960-an, 

Motor ini pertama kali, Diperkenalkan tahun 1958 di pameran Earls Court Bike Show, dan langsung mendapatkan reaksi positif dari konsumen Inggris kala itu, Mengapa motor ini langsung mendapatkan reaksi positif ? 

Ya, Karena posisinya dibuat untuk para bikers yang suka gaya klasik dan sedikit ngebut, namun dengan harga yang logis dan terjangkau?

Triumph Bonneville dalam masa baktinya dibuat selama 3 generasi sejak tahun 1959 hingga saat ini, Motor ini juga dibuat dalam 3 kubikasi "cc" yang sangat berbeda, Yang pertama adalah 650cc, dari tahun 1959-1974, 750cc, tahun 1973-1988, 

Dan format baru berkecepatan 790 – 865 cc "Bonneville & T100" sejak tahun 2001 hingga saat ini, jadi kalian Jangan bingung lagi ya, Karena motor ini memang banyaaaaaak banget tipe, model, julukan serta tahun produksinya.

Keberadaan Motor ini begitu tenar di ajang balap dunia, Apalagi saat itu Balap Production, balapan yang sangat tenar "bahkan melebihi pamor WorldGP sekalipun", dan di Balapan itulah nama Bonneville menjadi tenar, 

sebabnya, Motor legendaris ini mampu menjuarai Balapan sebanyak 9 kali dari 10 ajang yang diikuti, Oleh nama-nama rider yang tak kalah fenomenal seperti John Hartle, Malcolm Uphill dan Ray Pickrell.

Impresif , Dan hasilnya, Itulah salah satu alasan mengapa Triumph Bonneville sangat tenar di kalangan pecinta Cafe Racer saat itu, Motor legenda dan nyaman di kendarai?

Pada tahun 1955, Johnny Allen memecahkan rekor kecepatan fantastis bersama Triumph Thunderbird 650cc berbalut Body “Streamliner” ala Pesawat Jet. Kecepatan maksimumnya mampu tembus 193 Mph "320 Km/h" 

Di Trek Padang Garam Bonneville, Amerika Serikat Dan nama trek “Bonneville” tersebut lah yang menjadi nama produk Triumph selanjutnya, Sebagai penghormatan pada Rekor Fantastis yang telah dibuat. Voila, munculah sebuah nama yaitu Triumph Bonneville.

Awalnya, Bonneville dibuat di Pabrik Original Triumph di Meriden, West Midlands, sejak awal kelahirannya 1959 hingga tahun 1983. Perjalanan Triumph Bonneville sangat cemerlang sejak awal

Kemunculannya sampai akhirnya memudar tahun 1970-an, saat Inovasi motor Legendaris Jepang mulai mengalahkan dan mendominasi Triumph di pasaran Bahkan hampir semua pabrikan Inggris hampir gulung tikar?

Namun karena memang ketenarannya yang luar biasa dan melegnda, Triumph Bonneville kemudian diproduksi ulang oleh pembisnis asal Inggris, "John Bloor" di Pabrik LF Harris tahun 1985 hingga distop pada tahun 1988. 

Pembuatan ulang atau yang sering dikenal dengan sebutan “2nd generation” atau lebih tepatnya “Devon Bonneville“, Karena memang proses pembuatannya dilakukan di Devonshire, Inggris

Setelah selama hampir 1 dekade lebih mengilang, Akhirnya Triumph muncul dengan format barunya kembali mereborn Bonneville dengan mengusung konsep yang tetap punya cita rasa klasik yang kuat,

Produksinya dilakukan di Pabrik baru di Hinckley, Inggris. Namun demi mengurangi pengeluaran modal produksi, Akhirnya kini beberapa tipe Bonneville ada juga yang dibuat di negara, Thailand?

Posting Komentar untuk "Triumph Bonnevile Motorcycle Motor Para Bikers"