Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sakit Gigi Tak Kunjung Sembuh Ini 5 Cara Alami Atasi Sakit Gigi

Sakit Gigi Tak Kunjung Sembuh Ini 5 Cara Alami Atasi Sakit Gigi

Siliput.com - Saat Anda sakit gigi, hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah mengunjungi dokter gigi. Ketika Anda memiliki masalah dengan gigi Anda, dokter biasanya akan meresepkan obat pereda nyeri dan menyarankan Anda untuk kembali setelah rasa sakitnya berkurang. 

Itu karena dokter gigi tidak bisa berbuat apa-apa lagi jika gigi Anda masih sakit. Akibatnya, Anda harus mencari tahu cara mengobati sakit gigi sendiri di rumah.

Cara alternatif ini dapat membantu mengurangi sakit gigi sebelum Anda mengunjungi dokter gigi. Anda dapat mengobati sakit gigi dengan berbagai cara di rumah, antara lain:

Cara Atasi Sakit Gigi

Ada beberapa pilihan untuk perawatan sakit gigi di rumah. Sakit gigi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk gigi berlubang, infeksi, penyakit gusi, dan masalah sendi rahang. 

Namun, apa pun sumbernya, rasa sakit itu tidak hanya membuat tidak bisa makan dan minum, tetapi juga menyebar ke otak.

Sebelum ke dokter, berikut beberapa teknik tradisional untuk mengatasi sakit gigi di rumah:

1. Garam

Cara Atasi Sakit Gigi

Sebelum ke dokter gigi, berkumurlah dengan air garam sebagai tindakan pertolongan pertama.

Berkumur dapat membantu melepaskan bahan makanan yang tersangkut di antara gigi. Selain itu, karena garam menyerap air, garam secara efektif menghancurkan kuman berbahaya di mulut.

Hanya suasana asam dan lembab yang memungkinkan bakteri berkembang biak. Akibatnya, saat mulut kering, bakteri tak mampu bertahan

Hasilnya, berkumur dengan air garam dapat membantu mengurangi sakit gigi dan pembengkakan gusi. Cara pengobatan sakit gigi kuno ini mungkin bisa membantu mempercepat penyembuhan luka di mulut.

Sangat mudah untuk memanfaatkan air garam sebagai obat sakit gigi alami. Dalam segelas air hangat, larutkan 1/2 sendok teh garam. Berkumurlah dengan air garam minimal dua kali sehari selama minimal dua hari, atau sampai sakit gigi hilang.

Anda harus tahu bahwa air garam telah digunakan sebagai obat nyeri sejak zaman kuno! Teknik alami ini juga dianggap aman bagi wanita yang sedang hamil.

2. Cengkeh

Cara Atasi Sakit Gigi

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Dentistry, bahan kimia eugenol yang ditemukan dalam cengkeh secara alami dapat mengurangi rasa sakit. Cengkih juga dikenal untuk membantu sakit gigi dengan mengurangi peradangan dan membunuh bakteri.

Cengkih dapat digunakan dalam berbagai cara untuk mengobati sakit gigi secara alami. Untuk sementara, beberapa orang menyarankan untuk menggigit batang cengkeh penuh pada bagian gigi yang sakit. Beberapa orang merekomendasikan mengoleskan minyak cengkeh ke bola kapas dan meletakkannya di gigi yang sakit.

Namun, saat menggunakan cengkeh, waspadalah terhadap bahaya ketidaknyamanan, sesak napas, dan pendarahan. Selain itu, berhati-hatilah terhadap bahaya ketidaknyamanan mata jika tangan Anda langsung menyentuh mata setelah memegang cengkeh. Alhasil, setelah menyentuh cengkeh, pastikan untuk segera mencuci tangan.

Selanjutnya, menelan biji atau minyak cengkeh meningkatkan risiko sakit tenggorokan dan muntah. Jadi berhati-hatilah agar minyak cengkeh tidak mengenai mulut atau gusi sensitif Anda.

Hal ini dapat mengakibatkan sensasi terbakar pada gusi, serta kerusakan pada jaringan dan saraf di sekitar gigi yang sakit. Minyak cengkeh tidak boleh digunakan oleh wanita hamil atau menyusui, anak-anak, atau mereka yang memiliki riwayat kondisi medis tertentu.

3. Daun jambu biji

Cara Atasi Sakit Gigi

Jika Anda baru membeli buahnya, jangan membuang daun jambu bijinya. Daun jambu biji memiliki karakteristik anti-inflamasi, antibakteri, dan pereda nyeri (analgesik), menjadikannya obat rumah yang baik untuk sakit gigi.

Daun ini dikatakan membantu meringankan ketidaknyamanan gigi dan peradangan yang disebabkan oleh periodontitis, menurut banyak penelitian. Daun jambu biji juga bermanfaat dalam penyembuhan sariawan, menurut dua penelitian dari Filipina dan Kamerun.

Kunyah 1-2 lembar daun jambu biji sampai airnya keluar untuk memanfaatkannya. Kemudian, menggunakan lidah Anda, oleskan jus daun langsung ke gigi yang sakit.

Anda tidak suka betapa pahitnya daunnya?

Anda juga bisa merebus empat hingga lima daun jambu biji dan menuangkannya ke dalam gelas. Biarkan dingin hingga suam-suam kuku sebelum menambahkan sejumput garam. Sebagai obat kumur, gunakan larutan daun jambu biji.

4. Bawang putih

Cara Atasi Sakit Gigi

Khasiat bawang putih sebagai obat sakit gigi alami telah diakui selama ribuan tahun. Bawang putih mengurangi rasa sakit dengan menghancurkan kuman penyebab infeksi gigi.

Sangat mudah menggunakan bawang putih untuk mengobati sakit gigi yang khas. Anda bisa mengunyah bawang putih mentah di sisi mulut tempat gigi Anda protes selama beberapa menit.

Jika Anda tidak suka, iris halus bawang bombay dan gigit irisan tersebut pada bagian yang sakit pada gigi Anda. Bawang putih juga bisa digiling dan dioleskan ke area gigi yang sakit.

Namun, saat menggunakan bawang putih sebagai obat sakit gigi, berhati-hatilah. Bawang putih mentah yang dibiarkan terlalu lama di mulut, menurut penelitian di India, dapat menyebabkan luka bakar pada lapisan mulut.

Bawang putih mentah yang dioleskan langsung ke kulit juga telah dilaporkan menyebabkan luka bakar dalam uji coba lainnya.

5. Daun Peppermint

Cara Atasi Sakit Gigi

Peppermint atau minyak peppermint memiliki konsentrasi mematikan dan menenangkan sakit gigi, hampir identik dengan cengkeh. Menthol, antimikroba, juga hadir dalam obat sakit gigi herbal ini.

Rendam daun peppermint kering dalam air mendidih selama 20 menit sebelum digunakan. Anda dapat menggunakannya sebagai obat kumur dan bahkan meminumnya jika terasa hangat atau dingin.

Sebelum Anda menggunakan obat sakit gigi alami, ingatlah ini.

Banyak orang lebih memilih untuk menyembuhkan penyakit dengan menggunakan bahan-bahan alami karena dianggap lebih aman dan memiliki efek samping yang lebih sedikit. Padahal, bahan kimia alami dan obat-obatan herbal belum tentu aman.

Minyak cengkeh, misalnya, banyak digunakan. Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak minyak cengkeh, dapat menyebabkan mual dan muntah, serta kejang, gagal ginjal, dan kerusakan hati jika Anda mengonsumsi terlalu banyak.

Reaksi atau efek samping yang berbeda dapat terjadi pada orang yang berbeda. Sebelum menggunakan obat herbal atau bahan alami apa pun, selalu ada baiknya untuk menemui dokter.

Selain itu, perlu diingat bahwa banyak aplikasi bahan alami yang tercantum di atas hanya dimaksudkan untuk mengurangi rasa sakit dan hanya bersifat sementara. Jika situasi Anda tidak membaik atau bahkan memburuk, Anda harus segera menemui dokter gigi.