Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Asam Urat Gejalanya Apa Saja, Berikut Beberapa Gejala Asam Urat

Asam Urat Gejalanya Apa Saja, Berikut Beberapa Gejala Asam Urat

Siliput.com - Asam urat di kaki memanifestasikan dirinya dalam berbagai cara, termasuk ketidaknyamanan, edema, panas, dan penampilan merah. Gejala asam urat di kaki, jika tidak ditangani secara efektif, dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat sulit berjalan.

Salah satu penyebab paling umum dari radang sendi kaki adalah asam urat. Kondisi ini berkembang ketika kadar asam urat tubuh terlalu tinggi, menyebabkan mineral mengendap dan membentuk kristal tajam, yang menyerang persendian.

Sendi gout bisa menjadi bengkak, meradang, dan nyeri sebagai akibatnya. Serangan asam urat dapat mempengaruhi setiap sendi, meskipun jempol kaki, lutut, dan pergelangan kaki adalah yang paling umum. Gejala asam urat di kaki biasanya terjadi dengan cepat dan berlangsung 5-10 hari.

Asam Urat di Kaki ada Berbagai Gejala

Berikut adalah beberapa gejala asam urat yang paling umum di kaki:

1. Ketidaknyamanan sendi di jempol kaki, pergelangan kaki, dan lutut adalah keluhan umum.

Rasa sakit yang luar biasa atau nyeri pada persendian yang terkena, biasanya di jempol kaki, telapak kaki, pergelangan kaki, dan lutut, adalah tanda asam urat yang paling umum di kaki. Rasa sakit dari gejala asam urat mungkin menusuk, berdenyut, menyengat, atau terik.

Ketika gejala-gejala ini muncul, akan sulit bagi orang untuk bergerak. Faktanya, bahkan menggerakkan kaki sedikit saja bisa menyulitkan mereka, sehingga sulit atau tidak mungkin bagi mereka untuk berjalan.

Gejala asam urat di kaki sering berkembang di malam hari atau saat pertama kali bangun di pagi hari, kemudian hilang setelah beberapa hari. Ketidaknyamanan sendi gout, di sisi lain, dapat berlanjut selama berminggu-minggu.

2. Pembengkakan terkait asam urat di sekitar sendi

Pembengkakan di sekitar sendi yang terkena asam urat adalah gejala asam urat berikutnya di kaki. Pembengkakan dapat terjadi akibat penetrasi kristal asam urat, yang menyebabkan iritasi dan peradangan pada persendian.

3. Rentang gerak Anda dibatasi.

Sendi yang rusak bisa menjadi kencang dan sulit digerakkan akibat rasa sakit dan edema yang parah. Untuk orang yang memiliki gejala asam urat berulang di kaki mereka, ini dapat membuat bergerak dan melakukan tugas sulit selama beberapa hari.

4. Perubahan kulit di sekitar sendi yang terserang

Asam urat di kaki juga ditandai dengan perubahan kulit di sekitar persendian. Kulit di sekitar sendi yang rusak biasanya berwarna kemerahan atau ungu, kaku saat disentuh, dan panas. Selanjutnya, kulit mungkin tampak meregang.

Perkembangan asam urat dapat menyebabkan benjolan pada kulit yang terasa keras dan kasar pada beberapa situasi, terutama penyakit asam urat yang sudah ada sejak lama dan tidak ditangani dengan tepat. Tofus adalah nama untuk gumpalan ini.

Gejala kaki gout biasanya hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari. Nyeri asam urat dan bengkak pada kaki dapat diredakan dengan memberikan kompres dingin pada kaki, istirahat, dan penggunaan obat nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen.

Jika Anda mengalami gejala asam urat yang disebutkan di atas pada kaki Anda, terutama jika gejala tersebut telah muncul selama berminggu-minggu atau berulang secara teratur, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda.

Sangat penting untuk dicatat bahwa kadar asam urat yang terlalu tinggi dan menumpuk di dalam tubuh dapat menimbulkan masalah pada kaki, serta masalah kesehatan lainnya seperti batu ginjal, jika tidak ditangani dengan benar.

Selain obat-obatan, Anda harus menghindari minuman beralkohol dan makanan yang meningkatkan kadar asam urat, berolahraga secara teratur, dan minum banyak air untuk menjaga kadar asam urat Anda.