Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kesehatan Tubuh Dapat Di Jaga Dengan 5 cara Berikut, Hidup Sehat Dimasa Pandemi !

Kesehatan Tubuh Dapat Di Jaga Dengan 5 cara Berikut, Hidup Sehat Dimasa Pandemi!

Siliput.com - Pandemi masih berlangsung, dan Indonesia diperkirakan akan dilanda gelombang kedua. Peningkatan kasus yang sangat besar hingga total 2 juta kasus memerlukan intervensi pemerintah. Selanjutnya, Anda harus membela diri dengan belajar bagaimana tetap sehat selama pandemi. Berikut adalah beberapa ide untuk Anda mulai!

Cara Tetap Sehat Saat Pandemi

Karena tidak ada herd immunity, semua orang harus tetap waspada terhadap virus corona. Pasalnya, dengan meningkatnya jumlah kasus COVID-19, ketersediaan vaksin yang terbatas harus dibayar mahal. Banyak pihak yang merasa hal ini dikarenakan momen Lebaran, serta libur panjang yang mendorong banyak pihak untuk memanfaatkannya.

Saat gelombang kedua melanda, Anda perlu menerapkan kembali beberapa strategi untuk tetap sehat dalam menghadapi pandemi. Jika semua pekerjaan bisa dilakukan tanpa bertatap muka, sebisa mungkin berdiam diri di rumah adalah cara terbaik. Jika memang harus keluar rumah, ada baiknya mengetahui cara tetap sehat selama pandemi. Berikut adalah beberapa cara:

1. Menerapkan Rutinitas Makan yang Lebih Sehat

1. Menerapkan Rutinitas Makan yang Lebih Sehat

Langkah pertama dalam menjaga kesehatan seseorang selama pandemi adalah makan makanan yang sehat dan seimbang. Ketika Anda makan makanan bergizi, Anda juga membantu tubuh Anda dalam meningkatkan kemampuan sistem kekebalannya untuk memerangi virus corona. Masukkan buah dan sayuran ekstra, serta lemak dan protein sehat, ke dalam diet rutin Anda.

2. Menjaga Hidrasi Tubuh Anda

2. Menjaga Hidrasi Tubuh Anda

Anda juga harus memastikan bahwa tubuh Anda menerima air yang cukup untuk terhidrasi. Ini dilakukan untuk mencegah dehidrasi, yang dapat menyebabkan sembelit dan perubahan suasana hati. Air juga dianggap membantu dalam pemeliharaan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Kopi dan teh juga oke, tetapi hanya secukupnya. Minuman manis harus dihindari karena jelas tidak sehat.

3. Berolahraga secara teratur

3. Berolahraga secara teratur

Baik secara fisik maupun psikologis, olahraga dapat bermanfaat. Kedua hal tersebut tentunya dapat berdampak pada sistem imun tubuh. Anda bisa mendapatkan dua manfaat dari satu tindakan dengan melakukan latihan sederhana di rumah. Tentu, ini adalah strategi yang baik untuk tetap sehat selama pandemi. Cari latihan kecil yang bisa Anda praktikkan setiap pagi di video referensi.

4. Tidur Yang Cukup

4. Tidur Yang Cukup

Banyak efek yang menguntungkan dapat diperhatikan ketika tubuh menerima istirahat yang cukup. Untuk memulai, Anda dapat menjaga sistem kekebalan tubuh Anda dalam kondisi prima untuk memerangi penyakit seperti virus corona. Pada kenyataannya, komponen respon sistem kekebalan tubuh hanya terjadi saat Anda sedang tidur. Selain itu, mendapatkan tidur yang cukup dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi di tempat kerja.

5. Mangelola Stres 

5. Mangelola Stres

Sudahkah Anda menyelesaikan keempat tugas di atas secara rutin tetapi masih merasa pusing dan banyak pikiran? Stres dapat membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit, jadi berhati-hatilah. Sistem kekebalan telah terbukti dirugikan oleh stres. Stres dapat menyebabkan pelepasan hormon kortisol dan mengurangi kemampuannya untuk melawan peradangan dan penyakit (halosehat, 23/03/18).

Administrator ingin mendorong Anda untuk kembali ke jalur dan menjalani gaya hidup sehat. Jaga kesehatan mulai dari sekarang, dan jangan lupa jadwalkan waktu untuk membaca literatur kesehatan. Para ahli akan memberi Anda informasi baru tentang cara menjalani gaya hidup sehat.

Nah, sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara tetap sehat di saat pandemi. Pastikan untuk melakukan semua hal ini setiap hari untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap dalam kondisi yang baik dan terhindar dari serangan virus corona. Saat keluar rumah, sebaiknya ikuti anjuran kesehatan dari pemerintah.