Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jahe Merah Manfaat Dan Khasiatnya, Ini 7 Keuntungan Jahe Yang Perlu Diketahui !

Jahe Merah Manfaat Dan Khasiatnya, Ini 7 Keuntungan Jahe Yang Perlu Diketahui!

Siliput.com - Berbicara tentang jahe, bukan hanya masalah bumbu dapur saja. Karena tanaman obat ini telah digunakan untuk mengobati berbagai penyakit secara turun temurun. Menghangatkan tubuh merupakan salah satu manfaat jahe yang biasa dilakukan di lokasi dataran tinggi.

Keluarga Zingiberaceae termasuk jahe. Dengan kata lain, jahe dihubungkan dengan tanaman obat lain termasuk kencur, kunyit, dan lengkuas. Apa manfaat jahe, terutama jika dikonsumsi setiap hari? Penasaran? Yuk, baca ulasannya agar tubuhmu lebih sehat dan bugar!

Jahe adalah tanaman Asia Tenggara, dan sebagai orang Indonesia, saya tidak kesulitan mendapatkannya. Juga dikatakan bahwa jahe adalah salah satu rempah-rempah paling sehat di dunia, sehingga banyak orang di luar Asia menginginkannya dalam bentuk bubuk atau utuh. Karena permintaan yang kuat, banyak individu yang mengimpor olahan dari tanaman ini.

Di sisi lain, apa keunikan manfaat jahe bagi kesehatan? Kita dapat mengamati beberapa bukti menarik tentang manfaat jahe. Menurut National Institutes of Health's National Library of Medicine, jahe memiliki potensi untuk menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk kondisi degeneratif (radang sendi dan rematik).

Manfaat Jahe Merah

Jahe juga dapat membantu masalah pencernaan (sembelit dan maag), penyakit kardiovaskular (aterosklerosis dan hipertensi), muntah, dan diabetes mellitus, menurut jurnal yang disebutkan di atas. 

Berikut adalah beberapa keuntungan yang perlu diketahui:

1. Anti Kanker

Jahe mengandung kualitas anti-inflamasi dan anti-oksidan yang membantu memperlambat proses penuaan. Keuntungan lain dari jahe adalah memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu dalam pengobatan gangguan infeksi. Bahkan, manfaat jahe diduga mampu mencegah berbagai penyakit ganas.

Namun, ada satu poin yang harus dibuat. Meski potensi antikanker jahe telah terdokumentasi dengan baik, manfaat jahe terhadap kanker, menurut publikasi tersebut, masih memerlukan penelitian lebih lanjut sebelum dinyatakan berkhasiat.

2. Pereda Nyeri Menstruasi

Mengkonsumsi air jahe secara teratur dapat membantu meringankan nyeri haid. Jahe telah dibuktikan dalam sejumlah percobaan untuk membantu wanita dengan nyeri haid. Bahkan, khasiat jahe diklaim sebanding dengan ibuprofen dan asam mefenamat.

Konsumsi setidaknya empat gelas air jahe untuk menuai manfaat jahe untuk menghilangkan rasa sakit. Minumlah cairan ini selama dua hari pertama menstruasi. Efek jahe pada lambung diduga mampu memberikan pereda nyeri.

3. Menurunkan Glukosa Darah juga Kolesterol

Mengkonsumsi jahe secara teratur juga dapat menurunkan glukosa darah secara signifikan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di US National Library of Medicine National Institutes of Health. Tidak hanya itu, sering makan jahe dapat menurunkan kolesterol LDL (lemak jahat) dan trigliserida sekaligus meningkatkan kolesterol HDL (lemak baik)

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Apakah Anda ingin menjaga sistem kekebalan tubuh Anda dalam keadaan baik? Sederhana saja: makan jahe setiap hari. Vitamin C dan magnesium berlimpah dalam jahe. Kandungan ini membantu dalam penguatan sistem imun tubuh. Selain kedua senyawa tersebut, jahe mengandung gingerol, shogaols, dan zingerones yang semuanya dapat berperan sebagai antioksidan dalam tubuh.

5. Membantu dalam pencegahan infeksi bakteri dan virus

Manfaat jahe untuk kesehatan juga dapat membantu tubuh melawan penyakit bakteri dan virus. Mengapa demikian? Konsentrasi gingerol jahe diduga dapat menekan infeksi bakteri. shigella, E. coli, dan bakteri lainnya.

Tidak hanya itu, manfaat minum jahe dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kerusakan DNA dan stres. Memang, manfaat minum jahe secara teratur dapat membantu dalam pengobatan pilek dan flu.

6. Pereda Nyeri Otot

Manfaat mengonsumsi jahe secara teratur juga dapat membantu meredakan nyeri otot. Jahe memiliki efek anti-inflamasi yang juga efektif dalam menurunkan ketidaknyamanan otot, menurut sebuah penelitian dari University of Georgia di Amerika Serikat. Namun, beberapa sumber mengklaim bahwa jahe merah dapat membantu mengatasi ketidaknyamanan otot.

Para ahli melakukan penelitian terhadap 74 orang untuk melakukan berbagai macam latihan dalam penelitian tersebut. Peserta penelitian dibagi menjadi dua kelompok: mereka yang menerima suplemen jahe dan mereka yang hanya menerima pil gula. Apa hasil akhirnya? Ternyata, ketidaknyamanan nyeri otot setelah berolahraga 25% lebih ringan pada kelompok pertama daripada kelompok kedua.

7. Membantu Menghilangkan Morning Sickness

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Royal College of Obstetricians and Gynecologists, jahe dapat membantu mengatasi gejala mual di pagi hari pada awal kehamilan. Ekstrak akar jahe telah digunakan untuk mengobati gejala gangguan pencernaan seperti mual, muntah, sembelit, perut kembung, dan bersendawa selama lebih dari dua ribu tahun.

Itulah beberapa manfaat dari Jahe Jika kalian Suka dengan artikel ini tunggu Artikel-artikel selanjutnya dari saya ya.