Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Daun Sirih Manfaat Nya, Ini 7 manfaat Daun sirih Untuk Kesehatan

Daun Sirih Manfaat Nya, Ini 7 manfaat Daun sirih Untuk Kesehatan

Siliput.com - Ketika mendengar nama daun sirih, mungkin yang terlintas di pikiran Anda adalah daun yang biasa dimakan oleh orang tua. Lantas, benarkah daun sirih hijau dan merah sama-sama baik untuk kesehatan gigi? Apa saja manfaat daun sirih bagi kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui? Temukan jawabannya pada bagian di bawah ini.

Kegunaan Daun Sirih

Daun sirih merupakan salah satu jenis tumbuhan yang banyak mengandung air. Air membentuk 85-90 persen dari daun sirih. Alhasil, daun sirih memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah. Daun sirih hanya mengandung 44 kalori dan 0,4-1 persen lemak per 100 gram.

Selain itu, berikut ini adalah kandungan berbagai daun sirih:

  • Kandungan protein : 3% per 100 gram.
  • Lodin : 3,4 mcg per 100 gram
  • Kandungan Sodium : 1,1 hingga 4,6 persen per 100 gram.
  • vitamin A : 1,9-2,9 mg per 100 gram
  • vitamin B1 : 13-70 mikrogram per 100 gram
  • Kadar vitamin B2 berkisar antara : 1,9 hingga 30 mikrogram per 100 gram.
  • Konsentrasi asam nikotinat berkisar antara : 0,63-0,89 mg per 100 gram.

Khasiat daun sirih hijau dan merah untuk kesehatan berbeda.

Berikut ini semua manfaat daun sirih untuk kesehatan:

1. Menurunkan gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2.

1. Menurunkan gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2

Minum air rebusan daun sirih atau daun sirih yang telah dikeringkan dan dijadikan bubuk, menurut peneliti, dapat membantu penderita diabetes tipe 2 yang baru didiagnosis menurunkan kadar gula darahnya. Daun sirih juga baik untuk hati Anda.

Manfaat daun sirih untuk diabetes berasal dari kandungan antioksidannya yang tinggi, yang membantu meminimalkan stres oksidatif, yang merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan ketidakseimbangan hormon insulin. Menurut penelitian yang sama, daun sirih tidak memiliki efek samping negatif yang perlu dikhawatirkan..

Namun, ini tidak berarti bahwa daun sirih adalah satu-satunya pilihan pengobatan diabetes yang tersedia untuk Anda. Jika Anda sedang mengonsumsi obat diabetes, bicarakan dengan dokter Anda sebelum meminum rebusan daun sirih untuk memastikan tidak ada potensi efek samping atau interaksi dengan resep Anda. Dauh sirih hanya digunakan sebagai suplemen obat medis untuk pengendalian gejala, dikombinasikan dengan perubahan pola makan dan olahraga teratur.

2. Menurunkan Kadar kolesterol dan tekanan darah

2. Menurunkan Kadar kolesterol dan tekanan darah

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, daun sirih kaya akan antioksidan. Antioksidan eugenol melawan radikal bebas dalam tubuh, yang menciptakan stres oksidatif, yang menyebabkan berbagai penyakit kronis. Menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol LDL, lemak tidak sehat dalam tubuh, adalah salah satu manfaat daun sirih untuk kesehatan. Daun sirih juga dianggap membantu dalam pengurangan kadar lemak total dalam darah.

Penyakit kardiovaskular, hipertensi, stroke, penyakit jantung koroner, dan gagal jantung semuanya dapat diperburuk oleh kolesterol dan trigliserida yang tinggi. Sebaliknya, daun sirih merah dan hijau bekerja untuk meningkatkan kolesterol baik dalam darah, yang membantu menjaga kesehatan jantung.

Merebus tiga sampai empat daun sirih merah lebar dan meminum air hangatnya dua kali sehari dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi

3. Penangkal kanker

Antioksidan eugenol yang ditemukan dalam rebusan daun sirih hijau dan merah dapat membantu penderita diabetes tipe 2 memerangi radikal bebas penyebab kanker.

4. Tingkatkan kecepatan penyembuhan luka bakar

4. Tingkatkan kecepatan penyembuhan luka bakar

Manfaat lain dari daun sirih adalah mempercepat penyembuhan luka, terutama luka bakar. Konsentrasi antioksidannya masih terkait dengan ini. Korban luka bakar menderita stres oksidatif dalam jumlah berlebihan dalam tubuh mereka. Proses penyembuhan luka akan diperlambat oleh stres oksidatif.

Karena kandungan polifenolnya yang tinggi, daun sirih merupakan antiseptik kuat yang juga memberikan perlindungan ganda terhadap infeksi bakteri.

5. Membantu dalam pengurangan depresi

5. Membantu dalam pengurangan depresi

Menurut beberapa penelitian, daun sirih dapat membantu pasien depresi mengelola gejalanya. Mengunyah daun sirih atau meminum air rebusan daun sirih dapat menyebabkan otak memproduksi lebih banyak serotonin, hormon bahagia, menurut sebuah penelitian.

6. Menjaga Kesehatan Mulut Dan Gigi

6. Menjaga Kesehatan Mulut Dan Gigi

Mulut merupakan salah satu bagian tubuh yang dapat terinfeksi kuman akibat dari apa yang Anda makan. Bakteri mulut telah dibuktikan dapat dihambat dengan mengunyah daun dan/atau berkumur dengan daun sirih air panas. Tidak hanya itu, daun sirih juga dapat membantu mencegah gigi berlubang dengan cara melawan asam bakteri.

Produksi air liur dapat dipicu dengan mengunyah daun sirih dan pinang. Air liur mengandung berbagai protein dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan gigi dan pencegahan penyakit gusi. Air liur juga membantu menghilangkan partikel makanan dan kotoran dari gigi dan gusi.

7. Mengobati  mimisan

7. Mengobati  mimisan

Anda pasti sudah tahu tentang manfaat daun sirih yang satu ini sejak kecil. Mekanisme daun sirih dalam mengobati mimisan mirip dengan cara mengobati luka bakar.

Dengan membekukan darah lebih cepat dan menutup robekan pada pembuluh darah di hidung, antioksidan tanin dalam buah pinang membantu respon tubuh terhadap penyembuhan luka.

Itu bukan segalanya. Daun sirih juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Phyto Journal. Semakin cepat luka atau peradangan sembuh, semakin kuat kekuatan tubuh Anda.

Benarkah daun sirih memiliki sifat untuk kewanitaan?

Manfaat daun sirih untuk kewanitaan diiklankan di beberapa produk pembersih. Daerah vagina, di sisi lain, tidak perlu dibersihkan dengan sabun kewanitaan, douche vagina, atau air rebusan daun sirih alami. Alasannya adalah karena vagina Anda memiliki mekanisme pembersihan bawaannya sendiri.

Membersihkan vagina sekali sehari dengan waslap yang dibasahi dengan air dan sabun netral (tanpa pewangi dan bebas bahan kimia keras) atau mencucinya dengan tangan sudah cukup. Langkah kedua adalah menjaga area kewanitaan Anda tetap kering dan bersih, serta mengenakan pakaian dalam yang tidak terlalu ketat dan dapat menyerap keringat dengan baik.

Jika ingin membasuh daerah kewanitaan dengan sabun mandi daun sirih, pastikan mengandung povidone iodine dan tidak berbau. Untuk menghindari kuman dari anus masuk ke vagina, bersihkan area vagina dari depan ke belakang. Saat Anda sedang menstruasi, Anda harus mengganti pembalut Anda setidaknya dua kali sehari.

Meski daun sirih memiliki banyak manfaat, namun waspadai bahayanya.

Khasiat daun sirih untuk kesehatan berpotensi menjaga kondisi tubuh tetap prima. Profesional kesehatan masyarakat dan temuan dari berbagai penelitian medis, di sisi lain, mulai meningkatkan kekhawatiran tentang potensi bahaya yang terkait dengan buah pinang.

Menurut siaran pers Organisasi Kesehatan Dunia, pinang telah ditentukan memiliki risiko tinggi menyebabkan kanker mulut dan tenggorokan terlalu sering. Pasalnya, campuran kunyah daun sirih, pinang, jeruk nipis, dan tembakau bersifat karsinogenik (memicu kanker). Badan Internasional untuk Penelitian Kanker di Asia Selatan dan Asia Tenggara sampai pada kesimpulan ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Badan Internasional untuk Penelitian Kanker di Asia Selatan dan Asia Tenggara, yang penduduknya kebetulan masih mengkonsumsi sirih.

Karena komponen dalam buah pinang keras, bisa menyebabkan sariawan. Apalagi jika mengunyah sudah menjadi kebiasaan yang tidak bisa dikendalikan. Konsekuensi negatif menjadi semakin parah dan lebih sulit untuk diatasi seiring berjalannya waktu. Jika penyakitnya cukup parah, mulut dan rahang menjadi kencang, sehingga sulit untuk bergerak. Sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan lesi mukosa mulut. Perawatan yang tersedia hanya dapat membantu meringankan gejala yang ada.

Akhirnya, manfaat daun sirih tidak sepenuhnya aman untuk ibu hamil. Menurut beberapa penelitian, pinang dapat membuat kelainan genetik pada DNA prenatal yang dapat merusak kandungan, seperti halnya merokok. Ibu hamil yang mengunyah juga lebih mungkin melahirkan bayi dengan berat badan kurang. Akibatnya, Organisasi Kesehatan Dunia dan spesialis kesehatan masyarakat menyarankan wanita hamil untuk menghindari buah pinang.