Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Cara Aman Mengaplikasikan Makeup untuk Wajah Jerawat

5 Cara Aman Mengaplikasikan Makeup untuk Wajah Jerawat

Kulit berjerawat bisa berdampak negatif pada penampilan seseorang. Concealer terkadang digunakan untuk mengelabui orang dengan menutupi area kulit yang rawan jerawat.

Meskipun untuk sementara dapat menutupi kemerahan pada jerawat, namun sebenarnya dapat memperparah penyakit Anda. Ini membuatnya semakin marah.

Saat Anda memiliki jerawat, ada baiknya Anda menghindari penggunaan kosmetik, namun hal ini dapat membuat penampilan Anda kurang ideal.

Cara Aman Mengaplikasikan MakeUp

Untuk mengatasi hal ini, Dr. Harshna Bijlani, seorang ahli kulit yang berbasis di Mumbai, menawarkan saran tentang cara menggunakan riasan dengan aman bahkan jika kulit Anda rawan jerawat. Anda dapat mencoba langkah-langkah berikut :

1. Mulailah dengan wajah bersih

Apakah Anda memiliki jerawat atau tidak, membersihkan wajah Anda sebelum merias wajah sangat penting. Pasalnya, merias wajah yang lengket atau kotor hanya akan memperburuk kondisi kulit.

Sebelum memakai riasan, pastikan wajah Anda bersih. Pilih pembersih dengan bahan kimia seperti asam salisilat, minyak pohon teh, atau arang untuk menyeimbangkan minyak dan anti-jerawat” ujar Vogue dengan Bijlani.

2. Gunakan acne patch

Saat jerawat agresif dan teriritasi, sebaiknya hindari memakai riasan. Sebab, menurut Bijlani, hal ini bisa memperparah jerawat dan memperpanjang proses penyembuhan.

Namun, ada satu pendekatan yang efisien untuk mengatasi ini, dan itu adalah dengan menggunakan tambalan jerawat. "Gunakan tambalan jerawat atau penutup jerawat sebelum merias wajah untuk menghindari iritasi jerawat Anda," sarannya.

Derma Angel adalah salah satu tambalan jerawat yang dia rekomendasikan. Tambalan jerawat ini, katanya, tidak terlalu mencolok dan ramah riasan. "Namun, untuk hasil akhir yang sempurna, oleskan concealer di area tersebut dan ratakan di sekitar tepinya," sarannya.

 3. Pastikan kuas makeup dan spons bersih

Kulit yang rentan jerawat lebih rentan dan sensitif terhadap infeksi bakteri, yang dapat menyebar dengan mudah melalui produk. Salah satunya mirip dengan kuas dan spons yang digunakan.

"Pastikan semua sikat dan spons Anda bersih. Karena bakteri berkembang biak pada sikat dan spons yang dipenuhi bakteri. Mereka mengiritasi jerawat aktif Anda dan bahkan dapat menyebabkan jerawat di tempat-tempat yang tidak seharusnya," jelas Bijlani.

Bijlani juga mengungkapkan bahwa makeup yang digunakan rentan terhadap infeksi bakteri yang dapat melukai kulit, selain peralatannya. Dia merekomendasikan menggunakan agen pembersih semprot untuk membersihkannya dan meningkatkan kebersihan.

4. Gunakan makeup yang khusus dibuat untuk kulit berjerawat

Jika Anda memiliki kulit berminyak atau berjerawat, Anda harus berhati-hati dengan kosmetik yang Anda kenakan. Anda mungkin ingin melihat beberapa produk khusus kulit yang rawan jerawat.

Produk-produk ini mengandung sejumlah zat aktif yang sekaligus dapat mengobati jerawat di kulit Anda.

Jerawat juga membuat kulit lebih sensitif, sehingga lebih rentan terhadap iritasi dan bahaya darilingkungan. Pastikan produk yang Anda gunakan bebas minyak, non-komedogenik, dan tidak menyumbat pori-pori Anda” jelasnya.

Selain itu, pilihlah alas bedak yang tidak terlalu menghidrasi, ringan di kulit, dan tidak mengandung pewangi. Ini benar-benar bermanfaat dalam mencegah kerusakan kulit di masa depan.

5. Menggunakan produk makeup dengan kandungan mineral

Biasanya yang mengandung mineral sering ditunjukkan pada label wadah. Hal ini memudahkan Anda untuk memilih item makeup yang Anda inginkan.

Kosmetik berbasis perawatan kulit, selain riasan berbahan dasar mineral, cukup untuk menjaga kulit bebas dari masalah jerawat.

Cobalah produk makeup berbasis perawatan kulit seperti primer dengan elemen pelembab dan foundation dengan SPF, yang akan membantu menyamarkan ini sekaligus merawat kulit Anda." tutup dia