Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Bawang putih Hitam

 

Siliput.com-Orang sudah lama mengenal black garlic atau bawang putih hitam. Khasiat bawang putih hitam juga sudah terkenal.Bawang putih mentah segar (Allium sativum) yang telah diubah dari waktu ke waktu 

dengan menggunakan panas rendah dan kelembaban sekitar 70% dalam proses yang dikenal sebagai reaksi Maillard. Bawang putih menjadi hitam akibat prosedur ini. Tekstur dan rasa bawang putih juga 

berubah. Ini memiliki tekstur yang lebih lembut, kenyal, dan rasa yang lebih manis daripada bawang putih mentah biasa.

Bawang putih hitam seharusnya memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang lebih unggul daripada bawang putih biasa yang tidak difermentasi

Molekul yang disebut S-allyl-cysteine ​​memang ada dalam black garlic. Jadi, selain melawan radikal bebas, juga dapat membantu mengurangi peradangan. Dan kadar S-allyl-cysteine ​​dalam black garlic 

adalah 6 kali lipat dari bawang putih.banyak sekali manfaatnya gampang sekali di cari ada di pasaran berikut ini manfaat dari bawang putih hitam:

1. Ini adalah antioksidan

.Menurut Healthline, bawang putih hitam memiliki lebih banyak antioksidan daripada bawang putih mentah karena proses fermentasi.

Ini karena selama fermentasi, allicin, bahan kimia yang memberikan bau menyengat pada bawang putih, dihilangkan. Antioksidan seperti alkaloid dan flavonoid terbentuk dari bahan kimia tersebut.

Total aktivitas antioksidan meningkat pesat pada bawang putih hitam seiring bertambahnya usia, menurut sebuah studi tahun 2014. Bawang putih telah mencapai kandungan antioksidannya setelah 21 hari difermentasi dalam penelitian tersebut.

2. Menjaga kadar gula darah yang sehat.

Pengobatan dengan ekstrak bawang putih hitam menghasilkan perbaikan metabolisme seperti menurunkan kolesterol, mengurangi peradangan, dan mengatur rasa lapar pada tikus yang diberi diet tinggi lemak dan tinggi gula dalam sebuah studi 2019.

Kandungan antioksidan bawang putih hitam yang lebih besar berpotensi membantu menghindari masalah terkait diabetes.

Hanya saja diperlukan penelitian lebih lanjut karena sebagian besar manfaat bawang putih hitam yang telah diteliti berasal dari penelitian pada hewan.

3.mengurangi risiko penyakit jantung.

Penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih hitam dapat mengurangi indikator penyakit jantung, termasuk kadar kolesterol total, kolesterol LDL (jahat), dan trigliserida dalam darah. Ini juga dapat meningkatkan kolesterol HDL.

Selain itu para peneliti menemukan bahwa bawang putih mentah dan hitam membantu membuka sirkulasi untuk melindungi jantung dari kerusakan.

Sebuah studi berbeda memberi 60 orang dengan kolesterol tinggi 6 gram ekstrak bawang putih hitam tua atau plasebo setiap hari selama 12 minggu. Bawang putih hitam meningkatkan kolesterol HDL (baik) dan mengurangi potensi penanda penyakit jantung.

4. Menghadapi kanker.

Menurut WebMD, banyak penelitian menunjukkan bahwa kemampuan antioksidan bawang hitam dapat membantu mencegah kanker. Menurut sebuah penelitian, ini dapat membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker usus besar. Senyawa dalam black garlic juga dapat membantu tubuh melawan radikal bebas.

5. Kesehatan mental

Bawang putih hitam dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh serta mencegah gangguan kognitif seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson. Ini juga dapat membantu dalam peningkatan memori dan aspek lain dari kognisi manusia.

6.Kekebalan adalah nomor enam.

Bawang putih hitam juga dianggap memiliki sifat anti-inflamasi. Antioksidan bawang hitam dianggap membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memerangi radikal bebas dan menghindari stres oksidatif, yang dapat menyebabkan kerusakan sel.

7. Kesehatan kardiovaskular

Makanan dapat membantu menurunkan tanda-tanda kerusakan hati setelah kerusakan hati, mengurangi timbunan lemak di hati, dan menyeimbangkan ukuran sel hati, menurut beberapa penelitian.