Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Sayur Dan Buah Buahan Untuk Kesehatan Anak Dan Keluarga

 

Manfaat Sayur Dan Buah Buahan Untuk Kesehatan Anak Dan Keluarga

Siliput.com - Buah dan sayur merupakan makanan yang harus dikonsumsi setiap hari. Sayangnya, beberapa orang masih tidak menyukai sayuran dan jarang mengonsumsi buah. Mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari sebenarnya baik untuk kesehatan.

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa makan buah dan sayuran setiap hari memiliki manfaat kesehatan yang signifikan.

Kenyataannya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah lama menganjurkan untuk makan 5 porsi buah dan sayuran setiap hari (disebut 5 porsi sehari). Kedua jenis makanan ini, bagaimanapun, menyediakan vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat umum dari makan buah dan sayuran setiap hari:

Mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan beberapa jenis kanker dengan menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan usus, mencegah sembelit, memperbaiki sistem pencernaan, menjaga berat badan ideal dan mencegah obesitas, melindungi tubuh dari diabetes, dan mengurangi risiko penyakit jantung penyakit, stroke, dan beberapa jenis kanker.

Buah dan sayur yang layak dikonsumsi

Buah-buahan dan sayuran datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, masing-masing dengan karakteristiknya sendiri. Anda dapat makan buah dan sayuran sebanyak yang Anda inginkan jika Anda tahu jenis buah dan sayuran apa yang sehat untuk dimakan setiap hari.

Buah-buahan dari berbagai jenis

Buah adalah tanaman berdaging yang dapat dimakan dan memiliki berbagai rasa dan kualitas. Buahnya biasanya berbiji dan bisa dimakan mentah atau matang.

Tanaman ini tersedia dalam berbagai warna, bentuk, dan rasa. Buah-buahan yang biasa ditemui antara lain:

  • pir dan apel
  • Jeruk, jeruk bali, jeruk mandarin, dan limau termasuk di antara keluarga buah jeruk.
  • Pisang dan mangga adalah contoh buah tropis dan eksotik.
  • Stroberi, raspberry, dan blueberry adalah contoh kelompok berry.
  • Semangka dan melon, serta tomat dan alpukat,

Sayuran dari berbagai jenis

Sayuran, seperti halnya buah-buahan, datang dalam berbagai varietas yang dapat dikelompokkan ke dalam kelompok biologis (famili), seperti:

  • Sayuran berdaun hijau seperti selada, bayam, dan kangkung,
  • sayuran silangan seperti kubis, kembang kol, dan brokoli,
  • sayuran sumsum seperti labu, mentimun, dan zucchini, ubi jalar dan ubi jalar,
  • batang tanaman yang dapat dimakan seperti seledri dan asparagus,
  • dan allium seperti bawang merah dan bawang putih

Sulit untuk makan buah dan sayuran setiap hari, meskipun kelihatannya sederhana. Beberapa dari Anda mungkin belum pernah makan buah sebelumnya, atau Anda mungkin terlalu lamban untuk mengupasnya.

Kabar baiknya adalah bahwa ada beberapa strategi yang dapat Anda terapkan untuk memastikan bahwa tubuh Anda menerima nutrisi yang dibutuhkan dari buah-buahan dan sayuran. Berikut adalah beberapa metode sederhana untuk mendapatkan porsi harian buah dan sayuran Anda.

1. Buah harus disimpan di tempat yang menonjol.

Pertama dan terpenting, cobalah untuk menyimpan buah dan sayuran di lokasi yang mencolok. Anda bisa menaruh beberapa buah atau sayuran utuh yang sudah dicuci dan siap untuk dimakan di sana.

Anda juga dapat menyimpan buah dan sayuran cincang di lemari es dalam mangkuk.

2. Konsumsilah berbagai buah dan sayuran.

Beberapa dari Anda mungkin bosan dengan buah dan sayuran yang sama setiap hari. Alhasil, cobalah untuk memilih buah dan sayuran dengan berbagai bentuk dan warna.

Anda dapat mencoba satu porsi setiap hari dengan berbagai variasi berdasarkan buah dan sayuran yang dijelaskan di atas.

3. Tingkatkan jumlah buah dan sayuran yang Anda makan secara teratur.

Jika menghabiskan waktu hanya makan buah dan sayuran saja sulit bagi Anda, Anda bisa makan keduanya dengan mengintegrasikannya ke dalam makanan sehari-hari.

Anda dapat bereksperimen dengan hidangan berbeda yang menyertakan sayuran atau buah tambahan, terutama untuk sarapan. Anda dapat mencoba beberapa saran di bawah ini untuk memasukkan buah-buahan dan sayuran ke dalam makanan sehari-hari Anda.