Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Cara Mengatasi Hidung Mampet Tanpa Obat ! Mudah, Praktis, dan tidak Perlu ke Dokter.

Hidung Mampet Ini 6 Cara Mengatasi Nya Tanpa Obat

Hidung tersumbat dapat membuat siapa pun merasa tidak nyaman, dan bahkan dapat menyebabkan masalah dengan tugas rutin. Banyak orang percaya bahwa penyakit ini disebabkan oleh penumpukan lendir di saluran hidung.

Hidung tersumbat, di sisi lain, sering disebabkan oleh iritasi pembuluh darah di sinus ! Peradangan pada pembuluh darah ini bisa disebabkan oleh pilek, flu, alergi, atau infeksi sinus.

Apa pun yang menyebabkan hidung tersumbat Anda, tidak perlu diobati dengan obat-obatan. Ada beberapa cara pengobatan rumah sederhana untuk hidung tersumbat yang dapat membantu Anda bernapas lebih mudah lagi.

Cara Mengatasi Hidung Mampet

Inilah yang harus saya katakan tentang hal itu, jika Anda memiliki hidung tersumbat, pertimbangkan perawatan di rumah berikut untuk menghilangkan hidung tersumbat:

1. Manfaatkan pelembab udara

Memasang pelembab udara di dalam ruangan akan membantu Anda menghilangkan hidung tersumbat dengan cepat dan mudah.

Mesin ini mengubah air menjadi uap, yang secara bertahap mengisi udara dan meningkatkan kelembaban ruangan.

Di hidung dan sinus Anda, menghirup udara basah ini akan membantu menenangkan jaringan yang meradang dan pembuluh darah yang membesar.

Beberapa orang percaya bahwa menghirup udara panas atau basah dapat membantu mengeluarkan lendir yang tersumbat secara normal.

Jika hidung Anda tersumbat, coba letakkan pelembab udara di rumah atau kantor Anda.

2. Mandi Air Hangat

Mandi air panas, selain menggunakan pelembab udara, dapat menghasilkan uap, yang dapat membantu mengeluarkan lendir dan mengurangi peradangan di hidung.

Anda akan dapat bernapas dengan normal kembali, setidaknya untuk sementara waktu.

Hidung tersumbat juga bisa diredakan dengan menghirup uap air panas di wastafel. Di wastafel tertutup, nyalakan air panas.

Letakkan handuk di atas kepala Anda dan arahkan wajah Anda ke wastafel setelah suhunya nyaman.

Biarkan uapnya menumpuk sebelum menarik napas dalam-dalam. Namun, berhati-hatilah untuk tidak membakar wajah Anda dengan air panas atau uap saat menggunakan prosedur ini.

3. Menjaga hidrasi tubuh Anda

Jika hidung tersumbat Anda disebabkan oleh pilek atau virus, Anda harus minum banyak air. 

Mempertahankan hidrasi dalam tubuh Anda dapat membantu mengencerkan lendir di saluran hidung Anda, memungkinkan cairan mengalir keluar dari hidung Anda dan menurunkan tekanan sinus. 

Peradangan dan iritasi akan hilang sebagai akibat dari ini.

Minuman hangat, seperti teh, juga dapat membantu meredakan ketidaknyamanan tenggorokan jika Anda mengalami sakit tenggorokan.

4. Bilas hidung Anda

Cara menghilangkan hidung tersumbat tanpa menggunakan obat apa pun Anda dapat menggunakan alat irigasi hidung atau neti pot untuk membersihkan bagian dalam hidung di rumah.

Pendekatan ini dapat mengencerkan dan menghilangkan lendir, menghilangkan hidung tersumbat Anda segera. 

Neti pot adalah gadget yang ukurannya menyerupai teko. Barang-barang ini dapat ditemukan di apotek setempat.

5. Gunakan Kompres Hangat ke Kulit

Dengan membuka saluran hidung dari luar, kompres hangat dapat membantu meringankan beberapa gejala hidung tersumbat.

Oleskan kompres hangat ke pangkal hidung dan pangkal alis Anda. Pendekatan ini dapat membantu mengurangi rasa sakit di lubang hidung sekaligus mengurangi peradangan.

6. Minum banyak air hangat

Air hangat dapat membantu melonggarkan lendir di saluran hidung. Air hangat juga dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat hidung tersumbat.

Minum air tidak hanya mengencerkan lendir tetapi juga membuat tubuh tetap terhidrasi. Air dapat membantu mendorong cairan keluar dari hidung dan meredakan ketegangan sinus.

Anda bisa meracik minuman hangat yang Anda minum agar tidak bosan. Cairan hangat seperti teh jahe, teh lemon, atau jus lemon dengan air hangat dan madu adalah semua pilihan.

Anda dapat mencoba beberapa pengobatan ini di rumah jika Anda memiliki hidung tersumbat. Hubungi dokter Anda segera jika hidung tersumbat Anda tidak hilang atau memburuk.