Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Cara Merawat Anjing Shih Tzu, Hewan Peliharaan Yang Lucu dan Menggemaskan.

Karena bentuknya yang lucu dan jinak, anjing shih tzu menjadi salah satu hewan peliharaan pilihan. Namun, banyak individu merasa sulit untuk memelihara makhluk ini karena bulunya yang tebal.
Anjing Shih Tzu Hewan Peliharaan Yang Lucu, Ini 5 Cara Merawat Nya !
Ada banyak cara untuk merawat anjing jenis Shih Tzu ini jika Anda ingin memeliharanya. Baca ulasan berikut untuk mengetahui caranya!

Shih tzu adalah jenis anjing kecil Tibet dengan bulu tebal dan panjang, dan perawatan anjing ini tidak bisa sembarangan. 

Pemilik harus melimpahi anjing ini dengan cinta, kesabaran, perhatian, dan kasih sayang. Perawatan fisik juga penting untuk menjaga makhluk-makhluk ini tetap bersih dan sehat.

Ada berbagai cara untuk merawat anjing shih tzu dengan benar jika Anda memutuskan untuk memeliharanya, diantaranya adalah sebagai berikut :

Cara Merawat Anjing Shih Tzu

1. Sediakan makanan Alami

Makanan yang Anda berikan kepada anjing shih tzu Anda memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan jangka pendek dan jangka panjangnya.

Sayangnya, banyak makanan anjing mengandung zat aditif yang berpotensi membahayakan kesehatan hewan peliharaan Anda.

Hindari pengawet buatan, yang telah dikaitkan dengan masalah perilaku, alergi, dan asma. Produk sampingan, daging dan minyak generik, dan zat aditif semuanya harus dihindari.

2. Gunakan hanya air yang disaring.

Ini umum untuk mengambil makan anjing untuk diberikan, tetapi tidak untuk shih tzus. Jangan pernah menawarkan air keran kepada hewan-hewan ini yang belum disaring terlebih dahulu karena dapat membahayakan kesehatan mereka.

Bisa dibayangkan bahwa air keran yang dipasok mengandung unsur-unsur berat seperti arsenik dan fluorida.

Air kemasan adalah salah satu cara paling nyaman untuk menyediakan air bersih untuk shih tzu Anda. 

Anda juga dapat membeli filter yang dapat Anda pasang di faucet untuk menghilangkan kontaminan berbahaya. Anjing ini sangat membutuhkan air tawar.

3. Pemeliharaan yang konsisten

Merawat anjing Shih Tzu tidak mudah, tetapi juga tidak sulit. Rambut tubuh tumbuh dengan cepat, dan sebagian besar pemilik memiliki groomer untuk menjaganya.

Sikat bulu anjing Anda 1 hingga 3 kali seminggu, atau lebih sering jika bulunya panjang, jika Anda merawat diri sendiri.

Pemangkasan kuku Anda harus dilakukan setiap 6 minggu atau lebih.

Mandi sebaiknya dilakukan minimal tiga minggu sekali, kecuali jika ada kebutuhan sampo khusus karena kutu, kulit gatal, atau masalah lainnya.

Hidung dan telinga juga harus dibersihkan secara rutin.

4. Memilih sampo berkualitas tinggi

Produk apa pun yang bersentuhan dengan bulu dan kulit anjing Anda, seperti sampo, kondisioner, dan beberapa semprotan, harus dihindari.

Hindari aroma dan pewarna buatan, serta bahan kimia sabun seperti sulfat, yang dapat menyebabkan iritasi kulit dan alergi. 

Juga, jauhi paraben dan ftalat, yang telah dikaitkan dengan ketidakseimbangan hormon dan masalah kesehatan lainnya.

5. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur

Saat merawat anak anjing Shih Tzu, sangat penting untuk memvaksinasi anak anjing untuk menghindari bahaya tertular berbagai penyakit.

Setelah itu, Smart Buddy perlu pergi ke dokter untuk imunisasi lanjutan dan pemeriksaan rutin.

Anjing dewasa diperiksa kesehatannya setahun sekali, sedangkan anjing tua di atas usia delapan tahun diperiksa kesehatannya dua kali setahun.

Tujuannya adalah untuk menjaga anjing tetap sehat dan mendeteksi potensi masalah kesehatan sejak dini.

Displasia pinggul, keseleo patela (cangkang yang dipindahkan), kelainan mata (katarak), atrofi retina, kekeringan, dan infeksi telinga dan hidung adalah masalah kesehatan yang umum pada anjing Shih Tzu.

Ada baiknya untuk memperhatikan semua prosedur grooming yang telah diberikan jika Anda ingin memelihara anjing shih tzu.

Dengan begitu, Anda akan dapat memberikan perawatan terbaik untuk kesehatan dan kelangsungan hidup hewan peliharaan Anda. Jika dibiarkan, makanan dan minuman yang disediakan bisa menimbulkan masalah serius.