Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

"Awas Hati-Hati", 6 Penyakit Ini Mudah Menyebar Jika Kalian Malas Cuci Tangan !

"Awas Hati-Hati", 6 Penyakit Ini Mudah Menyebar Jika Kalian Malas Cuci Tangan !

Orang tua Anda mungkin telah menginstruksikan Anda untuk sering mencuci tangan sejak Anda masih kecil, terutama setelah menggunakan kamar kecil dan sebelum makan.

Mencuci tangan merupakan cara sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran kuman penyebab penyakit, selain menjaga kebersihan.

Pertimbangkan berapa banyak barang yang Anda sentuh sepanjang hari, seperti gagang pintu, meja, ponsel, pegangan tangga, dan sebagainya. 

Karena benda atau permukaan sering dipegang oleh banyak orang, kemungkinan besar mengandung banyak kuman. 

Kemudian Anda menggunakan tangan yang belum dicuci untuk menyentuh wajah, hidung, dan mulut Anda. Anda mungkin terinfeksi sebagai akibat dari ini.

Selain itu, jika Anda menyiapkan makanan dengan tangan yang terkontaminasi, orang lain dapat tertular virus dengan mengonsumsi makanan yang Anda siapkan.

Saya tidak ingin membuat Anda khawatir, tetapi ada beberapa penyakit yang menyebar dengan cepat jika Anda tidak mencuci tangan. Berikut cara mengetahuinya.

1. Norovirus

Norovirus adalah kategori virus yang menyebabkan muntah dan diare dan sangat menular. 

Infeksi virus ini dapat menyerang orang-orang dari segala usia dan menyebar melalui kontak dengan orang yang terinfeksi, menyentuh permukaan yang terkontaminasi, atau memakan makanan yang terkontaminasi.

Sebaliknya, terlalu malas untuk mencuci tangan dapat meningkatkan peluang Anda terkena norovirus.

Terlepas dari kenyataan bahwa kondisi ini biasanya hilang dengan sendirinya, gejala yang ditimbulkannya bisa mengganggu dan menyusahkan.

Namun, ada langkah-langkah sederhana dan efisien untuk mencegah kondisi ini, seperti mencuci tangan dengan benar setelah menggunakan kamar kecil dan menghindari menyentuh hidung dan mulut saat menyiapkan makanan.

2. Influenza

Meskipun flu adalah penyakit yang umum, namun tidak boleh dianggap enteng karena bisa berakibat fatal pada orang yang sangat muda, orang tua, atau mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Mencuci tangan adalah langkah perlindungan utama terhadap infeksi virus ini, selain mendapatkan vaksin flu.

Pasalnya, penyakit pernapasan ini mudah menular melalui udara atau melalui tangan yang terinfeksi virus.

Mencuci tangan, di sisi lain, dapat melindungi Anda dari infeksi virus flu, yang dapat menempel di tangan Anda tanpa Anda sadari.

3. Infeksi Tenggorokan

Penyebab paling umum dari radang tenggorokan adalah virus, namun bisa juga disebabkan oleh bakteri Streptococcus grup A.

Infeksi virus ini dapat menyebabkan demam berdarah, demam rematik, dan penyakit ginjal yang tidak umum, selain sangat menular dan menyebabkan ketidaknyamanan.

Metode utama penyebaran bakteri radang tenggorokan, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), adalah melalui percikan air liur ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin. 

Meskipun Anda tidak dapat menghentikan seseorang dari batuk atau bersin, Anda dapat menurunkan risiko tertular radang tenggorokan dengan mempraktikkan kebersihan tangan yang tepat.

4. Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut (PTKM)

Ini adalah virus yang terutama menyerang anak-anak di bawah usia lima tahun. Lepuh pada mulut, ruam pada tangan dan kaki, demam, dan kehilangan nafsu makan adalah gejala penyakit tangan, kaki, dan mulut.

Jika Anda memiliki anak kecil, tanamkan kebiasaan mencuci tangan pada mereka.

Penyebabnya adalah partikel virus yang menular dapat berpindah dari hidung, mulut, luka, atau kotoran orang yang terinfeksi. 

Kemudian menempel pada tangan si kecil dan masuk ke dalam tubuh jika ia terlalu malas untuk mencuci tangannya.

5. Salmonellosis (salmonella)

Salmonellosis adalah infeksi bakteri yang disebabkan oleh bakteri Salmonella. Bakteri ini ada di usus hewan dan manusia, dan mereka sering ditularkan melalui makanan yang terkontaminasi (daging dan telur) yang belum sepenuhnya dimasak atau dicuci (buah dan sayuran).

Salmonellosis juga dapat ditularkan dengan tidak mencuci tangan setelah memegang daging mentah, unggas, atau ikan, atau setelah menggunakan kamar kecil.

Jadi, jika Anda malas mencuci tangan, ketahuilah bahwa Anda dapat tertular penyakit tersebut.

6. virus corona

Last but not least, virus corona, juga dikenal sebagai COVID-19, saat ini sedang dipantau oleh semua orang di planet ini.

Virus baru ini berpotensi menyebabkan pneumonia, gagal napas akut berat, dan kematian pada manusia. 

Salah satu pendekatan untuk menghindari tertular penyakit berbahaya ini adalah dengan mencuci tangan dengan benar dan sering.

Ini adalah beberapa penyakit yang dapat ditularkan oleh orang yang tidak mencuci tangan. Jadi, mulai sekarang, biasakan untuk rutin mencuci tangan.

Bicaralah dengan dokter Anda segera jika Anda mengalami masalah kesehatan.