Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Profil Biodata dan Biografi Bapak Ganjar Pranowo, "Gubernur Jawa Tengah 2018 - 2023".

Ganjar Pranowo Biodata Dan Profil

Ganjar Pranowo, mantan pengacara dan konsultan, terjun ke dunia politik untuk bergabung dengan PDI-P. Ia juga terpilih menjadi anggota DPR dan mempertahankan posisinya sebagai Gubernur Jawa Tengah. Dia adalah salah satu gubernur paling populer di negara bagian.

Pria kelahiran 28 Oktober 1968 di Karang Anyar, Jawa Tengah ini merupakan anak kelima dari enam bersaudara pasangan Parmuji Pramudi Wiryo dan Suparmi.

Ayahnya adalah seorang polisi yang ketat, sedangkan ibunya adalah ibu rumah tangga yang menanamkan nilai-nilai kehidupan pada anak-anaknya. Ganjar mengadopsi mentalitas ayahnya yang disiplin dan mulia, yang ditanamkan ibunya dalam dirinya. Mereka tinggal dalam pengaturan yang agak mendasar.

Ganjar bersekolah di SD dan SMP Kutoarjo di Jawa Tengah untuk pendidikan SD dan SMP. Ganjar menyelesaikan pendidikan SMA-nya di SMA BOPKRI Yogyakarta setelah tamat dari SMP. Ganjar melanjutkan pendidikannya di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta setelah lulus SMA.

Riwayat pekerjaannya beragam. Ganjar adalah konsultan SDM di PT Prastawana Karya Samitra dan memiliki firma hukum sendiri. Ia bergabung dengan PDI-P selama karir politiknya. Ia menjabat di DPR dari 2009 hingga 2014. Ia adalah anggota Komisi II yang menangani masalah hukum, di gedung Senayan. Dia juga anggota komite investigasi Cen.

Ganjar mencalonkan diri sebagai gubernur Jawa Tengah pada pemilihan gubernur 2013 saat masih menjabat di DPR RI. Ganjar Pranowo, 45 tahun, terpilih menjadi Gubernur Jawa Tengah periode 2013-2018.

Kiprahnya sebagai gubernur telah diakui dengan berbagai penghargaan, antara lain penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2014 untuk pelayanan publik dan penghargaan Tokoh Media Radio dari Persatuan Radio Penyiaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) Jawa Tengah.

Ganjar mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Tengah pada Pilkada 2018. Dia akan disandingkan dengan Gus Yasin (PPP) dari Partai Persatuan Pembangunan. Ganjar yakin prestasi dan popularitasnya akan membantunya memimpin Partai Demokrasi Rakyat Jawa Tengah menuju kemenangan.

Profil dan Biodata Ganjar Pranowo

1. Keluarga :

  • Istri : Siti Atikoh Supriyanti 
  • Anak : Muhammad Zinedine Alam Ganjar

2. Pendidikan :

  • SD Kutoarjo terletak di Jawa Tengah.
  • SMP 1. Kutoarjo, Jawa Tengah, 
  • SMA BOPKRI Yogyakarta
  • Fakultas Hukum Yogyakarta
Biografi Ganjar Pranowo

1. Anggota DPR-RI

Ganjar tidak lolos pada Pemilu 2004 sebagai anggota DPR-RI, namun ia menerima penugasan sebagai pengganti sementara (PAW) untuk menggantikan pasangan partainya di daerah pemilihan yang sama (Jawa Tengah 7) yang ditugaskan oleh Presiden Megawati. Soekarnoputri menjadi duta besar untuk Korea Selatan, Jakob Tobing.

Ganjar Pranowo ditugaskan di Komisi IV yang membidangi Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan, dan Pangan, saat menjadi anggota DPR-RI 2004-2009. Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Pansus RUU Partai Politik, anggota Badan Legislasi DPR RI, dan Ketua Pansus MPR, DPR, DPD, dan DPRD di DPR RI.

Ia diangkat menjadi Komisi II yang membawahi Pemerintahan Dalam Negeri, Otonomi Daerah, Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi, Pemilu, Pertanahan, dan Reforma Agraria, pada masa jabatan keduanya sebagai anggota DPR-RI. Ia menjadi terkenal sebagai anggota Pansus Bank Century untuk Hak Angket dan Wakil Ketua Komisi II DPR RI.

Pada tahun 2013, ia menyelesaikan studi pascasarjana di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, meskipun jadwalnya yang padat sebagai Anggota DPR RI. Ia menjadi mahasiswa pascasarjana di FISIP UI sejak 2009, namun karena kesibukannya sebagai anggota DPR RI, ia harus mengambil cuti.

2. Gubernur Jawa Tengah

Dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2013, Ganjar mencalonkan diri bersama Heru Sudjatmoko yang didukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP. Ganjar-Heru yang berkampanye dengan slogan "mboten korupsi, mboten ngapusi" menang dengan 48,82 persen suara.

Ganjar dilantik sebagai gubernur pada Jumat, 23 Agustus 2013 di DPRD Jawa Tengah, Jalan Pahlawan Semarang, oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.

Dengan 58,78 persen suara dan 10.362.694 suara, dia terpilih kembali sebagai Gubernur Jawa Tengah periode 2018-2023.

Daerah Pemilihan Jawa Tengah 3 (Kabupaten Pati, Rembang, Grobogan, dan Blora). Ganjar harus mengakui kekalahan di empat kabupaten yang sebelumnya dikenal sebagai basis PDI-P (karena status mereka sebelumnya sebagai basis PNI), yaitu Brebes, Tegal, Purbalingga, dan Kebumen, dalam pemilihan ini.