Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Orang Tua Mengajar Anak dan Cara Agar Anak Tak Bosan Belajar Daring di Rumah

Tips Orang Tua Mengajar Anak dan Cara Agar Anak Tak Bosan Belajar Daring di Rumah

Dalam mengajari anak belajar dirumah sebagai orang tua, tentunya harus mengetahui tips dan cara bagaimana mana agar anak tidak cepat bosan belajar daring dirumah. 

Keputusan pemerintah terkait PPKM yang masih terus diperpanjang membuat provinsi di Jawa dan Bali diwajibkan terus melaksanakan pendidikan jarak jauh (PJJ).

Sudah hampir dua tahun anak Indonesia belajar secara daring, tanpa tatap muka dan bersosialisasi secara langsung dengan guru dan teman-teman di sekolah.

Rasa jenuh dan lelah pasti muncul. Namun demi kesehatan dan kepentingan bersama, PJJ dinilai masih efektif untuk menghindari anak dari bahaya COVID-19.

Cara Agar Anak Tidak Bosan Belajar

Sebagai orang tua,  ada beberapa cara dan upaya yang dapat dilakukan untuk menghindari rasa jenuh di tengah belajar daring anak.

Di tengah tanggung jawab rutin mereka, menemani anak belajar online memerlukan komitmen waktu khusus dari orang tua.

Namun, orang tua dapat mempersilahkan anak-anak untuk berdiskusi, mengulangi instruksi instruktur jika diperlukan selama proses pembelajaran anak, untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan bersama anak-anak.

Berikut cara agar anak tidak merasa cepat bosan belajar daring dirumah, yang bisa orang tua coba terapkan : 

1. Lengkapi dan perbarui ruang belajar anak secara teratur

Ruang belajar anak-anak tidak diragukan lagi sangat penting dalam memastikan lingkungan belajar online yang positif.

Tidak ada salahnya mendedikasikan sebuah ruangan menjadi ruang belajar anak jika memiliki ruang ekstra.

Selain itu, pastikan ruangan bebas dari gangguan seperti televisi, kasur, dan barang sejenis lainnya. Dan tentu dapat disesuaikan dengan kesukaan anak, seperti dalam pemilihan warna meja dan sebagainya.

2. Menyediakan bahan ajar untuk anak-anak berdasarkan preferensi mereka.

Kotak pensil, alat tulis, buku catatan, tempat minuman, lampu belajar, dan kursi ergonomis adalah alat belajar yang penting.

Kebutuhan ini juga dapat disesuaikan dengan selera anak dengan membiarkan mereka memilih karakter favoritnya.

Pertimbangkan untuk memilih kotak pensil yang menampilkan karakter kartun favorit anak” lanjutnya menjelaskan.

4. Jangan lupa bahwa bersenang-senang sama pentingnya.

Semua anak memiliki hak dan kebutuhan untuk bermain. Orang tua dapat meningkatkan kreativitasnya dengan kegiatan bermain yang sesuai dengan usia anaknya. 

Aktivitas bermain anak yang terganggu terbukti menjadi masalah berat bagi perkembangannya. 

Kegiatan bermain anak yang terganggu ternyata menjadi masalah serius bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, terutama proses anak dalam membangun watak atau karakter sosial.

Meyakini kegiatan belajar dan bermain sama pentingnya dan merupakan aktivitas yang baik untuk tumbuh kembang anak, baik secara kognitif, fisik, maupun emosional.

Tips Untuk Orang Tua Belajar dengan Anak

Pembelajaran tatap muka yang semula dijadwalkan dimulai pada tahun ajaran 2021-202 ditunda karena meningkatnya kasus COVID-19 pada anak-anak.

Ya, Moms, ini dilakukan untuk memastikan keselamatan anak-anak kita.

Meski begitu, anak bisa jadi bosan dengan aktivitas sekolah online yang hanya bisa diselesaikan di rumah.

Jika anak-anak mereka menjadi rewel di sekolah, orang tua mungkin kehilangan konsentrasi pada pekerjaan atau aktivitas mereka

Menurut Psikolog Anak dan Remaja, penerimaan adalah langkah pertama menuju orang tua dan anak-anak merasa nyaman menjalankan sekolah online atau online.

Namun, setiap orang tua dan anak adalah unik; beberapa orang tua dan anak-anak menerimanya dengan mudah, sementara yang lain harus marah sebelum menerimanya.

Ada individu yang menolak menerimanya, namun ada juga yang mengambil tindakan terlebih dahulu. 

Jadi, pertama dan terutama, kita harus memutuskan apakah kita menerima skenario ini atau tidak! Jika tidak, maka tidak mungkin merencanakan langkah selanjutnya.

Lantas, bagaimana cara orang tua meningkatkan toleransi saat menghadapi anak yang bosan dengan internet atau sekolah online ? 

Berikut ini adalah tips dan trik untuk orang tua dalam mengajari anak-anaknya :

  1. Sadari emosi anak.
  2. Sadari emosi ibu.
  3. Ajarkan anak untuk mengelola emosi.
  4. Bantu anak secara verbal.
  5. Tunjukan empati
  6. Bicarakan solusi 
Demikianlah ulasan tentang tips untuk orang tua dalam mengajari anaknya serta cara agar anak tidak cepat bosan dalam belajar daring dirumah bersama orang tua. Semoga bermanfaat !