Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Dan Cara Membudidayakan Jagung Hingga Panen

Budidaya Jagung

Siliput.com. Apakah anda memiliki lahan kosong, jika memilikinya sebaik nya bisa di jadikan untuk ladang mendapatkan uang hehe, Jika anda mempunyai nya anda bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk bekerbun, misalnya menanam Jagung, atau budidaya Jagung.

Melakukan budidaya jagung memang membutuhkan ketekunan namun aktivitas ini juga bisa menjadi quality time disela pekerjaan anda yang lainnya.

Budidaya jagung akan menjadai aktivitas yang menyenangkan lho gaais, ya kenapa menyenangkan karena jagung tanaman musim panas yang sebaik nya di tanam setelah suhu 16 derajat celsius. Sebab, Jagung yang di tanam di tanah yang dingin dan basah bisa tidak berkecimbah. Suhu udara terbaik untuk menanam Jagung adalah antara 16 derajat celcius sampai 35 derajat celsius. Selain itu jagung hanya membutuhkan waktu antara 60 sampai 100 hari untuk bisa memanen nya makannya ini bisa di jadikan aktivitas sampingan di sela sela pekerjaan anda gaiss.

Berdasarkan penjelasan dari U.S Fooddata Central ada beberapa kandungan nutrisi dalam 100 gram Jagung kuning rebus, Di antaranya kalori 96. air 73 persen protein 3,4 gram karbohidrat 21 gram, gula 4,5 Gram dan lemak 1,5 Gram.

Cara Menanam Jagung 

  • Pilihlah bibit Jagung yang berkualitas paling unggul
  • Siapkan tanah yang gembur sebagai media tanam
  • Cara menanam bibit jagung
  • Waktu penyiraman harus tepat
  • berikan pupuk tambahan
  • Lankgah-Langkah perawatan hingga Memanen Jagung
  • Pantau hama dan Penyakit
  • Lakukan penyerbukan di waktu yang tepat
  • Memanen jagung

 Fakta-Fakta Tentang Budi Daya Jagung

Jagung merupakan tanaman yang penuh dengan karbohidrat, Tanaman jagung menjadi Bahan pangan poko di Sebagian belahan Dunia, selain itu jagung juga menjadi bahan pangan olahan, contoh nya Minya Jagung, bahan dasar pembuatan tepung Maizena bahan kosmetik hingga untuk kebutuhan pangan ternak.

Tanaman Jagung hanya bisa tumbuh di dataran rendah yang tingginya mencapai 1200 meter dpl. Tanaman Jagung juga memerlukan tanah lempung, lempung bepasir tanah vulkanik yang subur, gembur kaya bahan organic, serta membutuhkan sinar matahari 8 jam sehari.

Secara umum jagung memiliki beberapa fungsi, Di antaranya sumber karbohidrat, pakan ternak Hijau ataupun tongkol nya, di ambil minyak nya dari biji menjadi tepung "dari biji yang sering di kenal dengan tepung jagung atau juga tepung maizena" Sebagai Bahan Baku industri dari tepung biji maupun tepung tongkol nya.

Tongkol jagung juga kaya akan potensi yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan futfural. Kemudian, jagung juga bermanfaat sebagai bahan farmasi yang di rekayasa genetika sebagai penghasil bahan farmasi.

Kemudian tanaman jagung menjadi peluang pakan ternak di kalimantan barat sebab hingga saati ini Kalimantan Barat masih mendatangkan jagung dari semarang jawa tengah kurang lebih 10.000 Ton pertahunnya, Faktor ketiga, tersedia nya lahan untuk pengembangan jagung Di kalimantan barat cukup besar juga. Hal itu di dukung oleh ketersediaan teknologi dan SDM. Selain itu, telah terbentuk kemitraan dengan perusahaan swasta di sanggau ledo, kabupaten Bangkayang.

Jadi jika anda ingin membudidayakan jagung anda harus memahami lahan yang cocok untuk menanam atau membudidayakan Jagung anda bisa belajar melalui buku Teknik-Tenik membudidayakan Jagung ya gaaais, semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua.