Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Tips Berkebun Di Halaman Rumah, Mudah & Praktis!

Ilustrasi berkebun di halaman rumah
ilustrasi berkebun di halaman rumah

Siliput.com - Apakah Anda tahu? Berkebun di rumah adalah salah satu aktivitas yang dapat Anda lakukan untuk menerapkan gaya hidup yang sehat secara sederhana. Lebih dari sekadar hobi, mengurus dan merawat tanaman ini memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan fisik dan mental Anda.

Ingin tahu apa saja manfaat berkebun di rumah, atau di sekitar halaman rumah? Yuk simak pembahasan di bawah ini lengkap dengan tips-tips untuk pemula yang bisa Anda coba.

Tips Berkebun Di Halaman Rumah 

Setelah mengetahui berbagai manfaat berkebun di rumah, berikut adalah beberapa hal yang perlu di perhatikan, jika Anda hendak memulai menjadikan-nya sebagai hoby baru.

1. Menentukan Jenis Tanaman

Disaat Anda ingin memulai berkebun di rumah, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan jenis tanaman yang ingin Anda tanam.

Anda bisa mencoba memilah benih atau tanaman yang cocok untuk pemula. Pilihan yang bagus untuk langkah awal termasu selasa, tomat, hingga cabai yang mudah dirawat.

2. Pilih lokasi halaman yang luas dan sesuai

Setelah mengetahui jenis tanaman yang akan Anda tanam, langkah berikutnya dalam berkebun di rumah adalah memilih lokasi yang sesuai. Seperti yang kita ketahui, tanaman sangat membutuhkan sinar matahari, oleh karena itu penting untuk memastikan mereka mendapatkan paparan sinar yang cukup secara langsung.

3. Siapkan Peralatan Berkebun

Tips lain dalam berkebun di rumah adalah menyiapkan peralatan yang diperlukan. Anda pasti membutuhkan seperangkat alat untuk merawat tanaman yang akan Anda tanam, mulai dari sarung tangan, selang penyiram, gunting pemangkas, sekop, hingga wadah penyiram. Semua jenis peralatan ini akan membantu Anda menjalankan aktivitas berkebun dengan lancar.

4 Siapkan Media Tanam.

Selain peralatan, Anda juga harus mempersiapkan media tanam yang sesuai untuk mendukung pertumbuhan tanaman Anda dengan optimal.

Pilihlah tanah yang memiliki kelembaban yang cukup dan hindari tanah yang terlalu kering karena hal itu dapat merusak struktur tanah.

Selain itu, pastikan untuk membersihkan tanaman liar yang ada di area kebun yang ingin Anda gunakan sebelum menanam.

5. Pahami Petujuk Menanam

Jika langkah-langkah di atas sudah anda lakukan Hal lainnya yang anda harus lakukan yang tak kalah penting adalah memahami dasar cara berkebun di rumah dengan benar. Anda bisa memperhatikan dan mengikuti intruski menanm yang tertera pada bagian kemasan bibit yang akan Anda tanam, Atau tanyak hal tersebut pada penjual ketika membelinya.

Baca Juga : Tips Dan Cara Menanam Buah Mangga Dari Biji Mangga

Manfaat Berkbun Di rumah Bagi kesehatan

Siapa sangka jika kita berkebun di rumah ternyata memberikan anda sejumlah nilai positif bagi tubuh. Berikut ada beberapa di antaranya

1. Memperoleh vitamin D

Ketika Anda berkebun, Anda akan lebih sering beraktivitas di luar rumah, sehingga tubuh Anda terpapar sinar matahari. Seperti yang diketahui, sinar matahari pada pukul 8 hingga 10 pagi dapat memberikan Anda nutrisi penting yang dibutuhkan, yaitu vitamin D.

Vitamin D sendiri memiliki berbagau fungsi, mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan juga memperkuat tulang, hingga menurunkan sejumlah resiko penyakit seperti kanker, diabetes dan demensia.

2. Menjaga Fungsi Otak dan Memori

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa berkebun di rumah memberikan manfaat yang signifikan, termasuk merangsang pertumbuhan saraf yang terkait dengan fungsi dan memori otak.

Tak hanya itu, kegiatan ini diakui sebagai salah satu terapi yang cukup efektif bagi individu yang menderita demensia.

Demensia itu senditri adalah gangguan yang memengaruhi daya ingat dan dapat menyebabkan penurunan kognitif.

3. Sebagai Olaharaga Rutin

Manfaat berkebun di rumah lainnya ialah sebagai olaharaga rutin yang sangat menyenangkan dan mengasikan.

Tentu saja, aktivitas ini akan mendorong tubuh Anda untuk bergerak lebih banyak, bahkan mulai dari intensitas ringan sampai berat sekalipun.

Menyiram, menyapu, dan memotong rumput misalnya mungkin termasuk olaharaga ringan. Sementara kegiatan memotong kayu menggali atau menyekp tanah tegolong cukup berat Dengan demikian, otot-otot tumaha dalam tubuh Menjadi lebih Efektik.

Yah demikian itu tips-tips untuk mencoba menanam atau berkebun di sekitar rumah anda yang sangat banyak manfaat juga untuk kesehatan anda.