Cara Menjaga Kesehatan Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit Di Masa Pandemi!

  • Bagikan

Cara Menjaga Kesehatan Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit Di Masa Pandemi!

Tidak ada orang yang ingin ditimpa penyakit. Tentu saja tidak. Ya, ada banyak tindakan yang dapat Anda lakukan untuk melindunginya. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Cara menjaga kesehatan agar tidak selalu sakit

1. Konsumsi berbagai sayuran hijau

Sayuran hijau dan hijau kaya akan vitamin yang mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dan membantu Anda mempertahankan pola makan yang seimbang.

Makan sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan kubis dapat membantu menyampaikan sinyal kimia ke tubuh yang meningkatkan protein permukaan sel yang dibutuhkan untuk membuat sistem kekebalan bekerja lebih baik, menurut sebuah penelitian pada tikus.

Tikus sehat yang tidak makan sayuran hijau mengalami penurunan 70-80% protein permukaan sel dalam penelitian ini.

2. Minum cukup vitamin D

Kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan pertumbuhan tulang yang buruk, kesulitan jantung, dan sistem kekebalan yang melemah, antara lain.

Kuning telur, jamur, salmon, tuna, dan hati sapi adalah beberapa sumber vitamin D yang paling kaya. Anda juga bisa mendapatkan suplemen vitamin D yang mengandung D3 (cholecalciferol), yang efektif meningkatkan kadar vitamin D dalam darah.

Namun, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen.

3. Berolahraga secara teratur

Tetap aktif dengan berolahraga secara teratur. Anda bisa memulainya dengan latihan sederhana seperti jalan kaki. Olahraga teratur dapat membantu Anda mendapatkan bentuk tubuh dan menurunkan berat badan.

Selanjutnya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat membantu mencegah peradangan dan penyakit kronis, mengurangi stres, dan meningkatkan sirkulasi sel darah putih yang melawan penyakit.

4. Konsumsi teh hijau

Teh hijau telah dikaitkan dengan gaya hidup sehat. Manfaat kesehatan teh hijau dapat dikaitkan dengan jumlah antioksidan yang tinggi yang dikenal sebagai flavonoid. Akibatnya, ia berpotensi menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Alhasil, karena mudah dilakukan, cara menjaga kesehatan tubuh pun mendapat banyak perhatian.

5. Istirahat yang cukup.

Salah satu pilar untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat adalah tidur yang cukup. Menurut sebuah penelitian, mereka yang tidur setidaknya delapan jam setiap malam selama dua minggu memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat terhadap virus dan bakteri. Sementara itu, orang yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam empat kali lebih mungkin terkena flu akibat virus daripada mereka yang tidur 7 jam atau lebih.

Hal ini disebabkan oleh sitokin yang dikeluarkan oleh tubuh saat tidur nyenyak. Sitokin adalah sejenis protein yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi.

6. Jaga ketegangan Anda.

Sistem kekebalan telah ditemukan melemah oleh stres, membuat orang lebih rentan terhadap penyakit.

Kortisol adalah hormon yang membantu melawan peradangan dan penyakit. Pelepasan hormon secara terus-menerus pada mereka yang berada di bawah stres kronis sebenarnya dapat mengganggu kemampuan hormon ini untuk berfungsi.

Hal ini dapat membuat tubuh meradang dan lebih rentan terhadap penyakit. Mengontrol stres adalah salah satu pendekatan untuk menjaga kesehatan tubuh yang baik. Untuk mengontrol atau menghilangkan stres, Anda bisa mencoba yoga atau meditasi.

7. Kenali orang-orang di sekitar Anda.

Kesepian telah dikaitkan dengan berbagai penyakit, terutama pada mereka yang baru pulih dari operasi jantung.

Isolasi sosial, menurut penelitian yang diterbitkan dalam American Psychological Association, dapat meningkatkan stres, yang mengurangi respons imunologis tubuh dan kapasitas untuk sembuh dengan cepat.

8. Menjaga lingkungan yang rapi

Menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan adalah pendekatan lain untuk tetap sehat. Alhasil, Anda akan terhindar dari berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa saran untuk menjaga kebersihan Anda:

  • Setiap hari, mandi
  • Tangan harus dicuci sebelum makan atau menyiapkan makanan, serta sesudahnya.
  • Sebelum memasang lensa kontak atau melakukan hal lain yang membuat mata atau mulut Anda bersentuhan, cuci tangan Anda terlebih dahulu.
  • Gosok tangan Anda di bawah kuku selama 20 detik setelah mencucinya.
  • Saat batuk atau bersin, gunakan tisu untuk menutup mulut dan hidung.

9. Minum probiotik jika Anda belum melakukannya.

Menurut penelitian, mereka yang mengonsumsi probiotik untuk stres memiliki lebih sedikit rasa sakit untuk jangka waktu yang lebih lama.

10. Jauhi minuman beralkohol.

Minum alkohol telah terbukti merusak sel dendritik, yang merupakan komponen penting dari sistem kekebalan tubuh. Penggunaan alkohol yang sering dapat meningkatkan kerentanan seseorang terhadap penyakit bakteri dan virus dari waktu ke waktu.

Sel dendritik dan respons sistem kekebalan pada tikus alkoholik dan non-alkohol diperiksa dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Vaccine Immunology.

Kekebalan tikus diturunkan ke berbagai derajat oleh alkohol. Temuan tersebut, menurut dokter, menjelaskan mengapa imunisasi kurang efektif pada orang yang pecandu alkohol.

  • Bagikan