Imun Tubuh Yang Lemah Kenali Gejalanya Ini 5 Gejala Imun Tubuh Lemah

  • Bagikan

Imun Tubuh Yang Lemah Kenali Gejalanya Ini 5 Gejala Imun Tubuh Lemah

Siliput,com – Tubuh tidak mampu melawan infeksi dan penyakit ketika sistem kekebalan tubuh terganggu. Kondisi ini membuat Anda lebih mudah terinfeksi virus dan bakteri. Anda harus waspada dengan kesehatan Anda, terutama di masa pandemi COVID-19 ini, dengan menjaga kesehatan tubuh Anda.

Pentingnya kesehatan seseorang harus diprioritaskan. Sistem kekebalan adalah komponen tubuh yang membantu dalam pemeliharaan kesehatan yang baik. 

Sistem kekebalan tubuh harus dijaga untuk melakukan ini. Ketika sistem kekebalan tubuh terganggu, tubuh menjadi lebih rentan terhadap virus, kuman, dan infeksi lainnya. 

Gejala Imun Tubuh Lemah

Saat daya tahan tubuh Anda lemah, Anda juga harus peka terhadap gejala agar bisa cepat mengatasinya. Apa saja tanda dan gejala yang harus diwaspadai?

1. Sakit Kepala

Bukan kebetulan bahwa ketika sistem kekebalan Anda terganggu, Anda menjadi lebih stres karena berbagai alasan. Perlu diingat bahwa stres kronis dapat merusak reaksi sistem kekebalan tubuh.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa stres mengurangi jumlah limfosit dalam tubuh, yang meningkatkan risiko infeksi. Sakit kepala, nyeri dada, dan tekanan darah rendah adalah beberapa gejala yang mungkin muncul saat Anda sedang stres.

2. Mudah terkena flu.

Orang dewasa, pada kenyataannya, diharapkan bersin atau masuk angin setidaknya setahun sekali. Mayoritas pasien sembuh dalam tujuh sampai sepuluh hari. Sistem kekebalan membutuhkan tiga hingga empat hari untuk membuat antibodi dan melawan bakteri yang menyerang selama ini.

Sebaliknya, jika Anda masuk angin dengan cepat atau pilek yang tidak kunjung hilang, itu adalah tanda bahwa sistem kekebalan tubuh Anda sedang melawan.

3. Mengalami Masalah Perut

Ada kemungkinan diare, kembung, atau sembelit secara teratur merupakan indikasi bahwa sistem kekebalan Anda lemah. Anda harus menyadari bahwa saluran pencernaan menampung lebih dari 70% sistem kekebalan tubuh.

Bakteri dan mikroorganisme baik melindungi usus dari bakteri dan membantu sistem kekebalan di saluran pencernaan. Anda berisiko mengalami peradangan kronis, kerentanan virus, dan penyakit autoimun jika bakteri sehat di usus Anda berkurang.

4. Luka Lama sembuh

Setelah dibakar, dipotong, atau digaruk, kulit harus melalui fase penyembuhan. Tubuh membantu regenerasi kulit baru dengan memberikan darah yang kaya nutrisi ke luka untuk melindunginya.

Sel-sel kekebalan yang sehat diperlukan untuk proses penyembuhan ini berlangsung. Kulit tidak dapat memperbaiki jika sistem kekebalan tubuh lemah. Luka yang membutuhkan waktu lama untuk sembuh akan sulit diobati.

5. Mudah Terinfeksi

Jika Anda rentan terhadap infeksi, sistem kekebalan Anda kemungkinan akan terganggu. Berikut ini adalah tanda-tanda sistem kekebalan tubuh yang terganggu:

  • Memiliki setidaknya empat infeksi telinga dalam satu tahun kalender.
  • Setiap tahun, saya menderita radang paru-paru.
  • Dalam setahun, Anda akan terkena sinusitis kronis.
  • Sangat mudah untuk menjadi lelah.

Ada kemungkinan sistem kekebalan Anda memburuk jika Anda sudah cukup tidur namun masih merasa lelah. Ketika sistem kekebalan tubuh terganggu, tingkat energi juga menderita. Karena tubuh berusaha menghemat energi untuk mengisi kembali kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk memerangi virus dan kuman.

Sistem kekebalan tubuh adalah jaringan kompleks sel darah dan organ yang mempertahankan tubuh terhadap mikroorganisme penyebab penyakit. Jika Anda sering terkena infeksi, sistem kekebalan Anda mungkin terganggu.

Jika Anda melihat tanda-tanda sistem kekebalan yang melemah di tubuh Anda, ambil langkah cepat untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi imunologis Anda. Jika keadaan tidak membaik, saatnya menghubungi dokter.

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sistem kekebalan Anda dapat melemah karena kurang tidur, stres, dan pola makan yang buruk. Akibatnya, suplemen nutrisi yang mengandung vitamin C, ginseng, dan bunga echinachea mungkin diperlukan. Suplemen ini berfungsi untuk memudahkan Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain nutrisi ini, penting bagi Anda untuk cukup tidur, menghindari stres, menjaga tubuh tetap terhidrasi, dan berolahraga secara teratur. Ini dapat membantu Anda tetap bugar dan membuat tubuh Anda tidak mudah terserang penyakit.

  • Bagikan