Kacamata Anti Radiasi Dan Fungsinya

  • Bagikan

Siliput.com – Mata merupakan indra penglihatan yang diandalkan manusia untuk menjalankan tugasnya sehari-hari. Setiap orang mengambil langkah yang berbeda untuk menjaga penglihatan mereka dalam kondisi yang baik.
Tidak heran jika seseorang dengan penyakit mata minus,yang juga dikenal sebagai miopia,sering memakai kacamata untuk memastikan bahwa mereka dapat melihat dengan jelas.

Kacamata anti radiasi merupakan salah satu jenis kacamata yang saat ini sedang populer Bentuk kacamata ini biasanya dipakai oleh orang-orang yang melakukan banyak kegiatan di luar ruangan dan berada dalam bahaya terbakar sinar matahari. 

Kacamata anti radiasi juga biasa dikenakan oleh orang-orang yang menghabiskan banyak waktu di depan layar komputer atau perangkat elektronik lainnya.

Kini telah tersedia kacamata anti radiasi yang dapat membantu penampilan seseorang sekaligus melindungi mata dari cedera Kacamata anti radiasi yang sesuai dengan bentuk wajah dapat melindungi mata sekaligus membuat penampilan seseorang menjadi lebih menarik dan elegan.

Lantas,apa saja manfaat kacamata anti radiasi,dan bagaimana cara memilih kacamata yang tepat untuk bentuk wajah?

Mengenal Kacamata Anti Radiasi

Kacamata anti radiasi adalah lensa yang dirancang khusus untuk melindungi mata dari radiasi berbahaya seperti yang dipancarkan oleh sinar matahari, layar, komputer, dan perangkat elektronik lainnya. 

Radiasi adalah bentuk energi yang terdiri dari gelombang atau partikel berintensitas tinggi. Radiasi dapat timbul secara alami atau sebagai akibat dari aktivitas manusia.

Setidaknya tubuh manusia terpapar dua bentuk radiasi dalam kehidupan sehari-hari radiasi ultraviolet dan cahaya biru Radiasi violet adalah bentuk radiasi alami yang dipancarkan oleh matahari.

Cahaya biru di sisi lain,adalah bentuk radiasi yang dipancarkan oleh layar elektronik seperti komputer dan perangkat lain.

Radiasi sinar ultraviolet (UV)dalam jangka pendek bisa mengakibatkan fotokeratitis atau peradangan korna mata akibat paparan sinar matahari terlalu lama. 

Semakin lama terpapar radiasi UV semakin tinggi pula risiko terkena katarak atau degenerasi makula. 

Sementara itu paparan sinar biru dalam jangka panjang juga dapat mengganggu penglihatan seperti katarak hingga kanker mata.

Fungsi Kacamata Anti Radiasi

Kacamata anti radiasi adalah salah satu teknik paling efektif untuk memerangi paparan sinar matahari atau cahaya biru. 

Peradangan kornea,katarak,dan degenerasi makula seharusnya dapat dikurangi dengan menggunakan kacamata anti radiasi.

Kacamata anti radiasi atau kacamata baca komputer seperti yang kita semua tahu efisien dalam mengurangi efek cahaya biru. 

Saat melihat layar jika mata tidak terlindungi dari dampak cahaya biru berpotensi membahayakan mata dan meningkatkan ketegangan mata.

Selain itu, ada beberapa fungsi kacamata anti radiasi, di antaranya seperti berikut :

  • Lindungi mata dari sinar berbahaya seperti sinar ultra violet dan biru yang dipancarkan oleh perangkat elektronik.
  • Kacamata anti radiasi dengan penetrasi dan penyerapan lampu yang bervariasi. Saat Anda memakainya, mata Anda akan memiliki penglihatan yang alami dan segar.
  • Radiasi elektromagnetik dapat diblokir menggunakan kacamata anti radiasi. Ini karena kacamata anti radiasi perangkatasi menggunakan teknologi pelapis vakum ion modern, yang berarti kacamata ini tidak memiliki efek negatif pada mata meskipun dipakai dalam waktu lama.
  • Gelombang mikro frekuensi rendah dapat diserap oleh kacamata antiradiasi yang dapat mengobati masalah mata seperti kelelahan,demam,dan sakit kepala.

Cara Memilih Kacamata yang Sesuai Bentuk Wajah

Sebelum membeli kacamata sangat penting untuk memilihnya berdasarkan bentuk wajah Anda. 

Wajar saja hal ini dilakukan agar wajah terlihat proporsional. 

Dengan begitu penampilan akan semakin bahkan bisa menutupi cacat wajah. 

Di planet ini setidaknya ada lima bentuk wajah yang berbeda, persegi, bulat, hati, berlian, dan oval. 

Beberapa kualitas ini dapat diubah tergantung pada bentuk bingkai kacamata yang dipilih. 

Berikut cara memilih kacamata yang tepat untuk bentuk wajah Anda

Wajah Berbentuk Kotak

Sisi lurus dan hampir tidak ada kelengkungan rahang mencirikan wajah persegi atau persegi. 

Bentuk wajah ini sangat cocok untuk bingkai kacamata bulat atau oval. 
Hal ini dilakukan untuk menyembunyikan garis wajah atau memberikannya garis lengkung, sehingga membuat wajah tampak lebih panjang.

Selain itu, pemilik bentuk wajah persegi sebaiknya memprioritaskan penggunaan bingkai kacamata tipis untuk menghindari tampilan wajah yang padat. 

Hasilnya, wajah Anda akan lebih proporsional, dan Anda akan tampil lebih elegan.

Wajah Berbentuk Segitiga

Untuk wajah segitiga, cara memilih kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah selanjutnya adalah tepat. 

Kacamata dengan bingkai tebal di bagian atas menjadi salah satu pilihan untuk bentuk wajah segitiga. 
Tujuan dari bingkai kacamata ini adalah untuk membuat dahi tampak ideal dan tidak terlalu sempit. Kacamata model cat-ey paling tepat untuk Anda gunakan.

Wajah Berbentuk Hati

Anda harus memakai bingkai kacamata tebal jika Anda memiliki bentuk wajah dengan fitur seperti dahi besar, tulang pipi, dan rahang tipis. 

Pasalnya, bingkai kacamata ini menutupi tulang pipi dan rahang, sehingga terlihat proporsional dan indah.

Beberapa model kacamata terbaik yang bisa dipakai dengan tipe wajah berbentuk hati antara lain cat eye, cat eye persegi, bagian atas datar, dan jenis bingkai persegi panjang. 

Cara memilih kacamata sesuai bentuk wajah ini, akan membuat penampilanmu jadi lebih trendi.

Wajah Berbentuk Oval

Bagi seseorang dengan bentuk wajah oval, ini adalah berkah. Alasan untuk ini adalah bahwa orang dengan bentuk wajah ini dapat memakai hampir semua jenis kacamata. 

Bingkai ekstrim dengan lebar yang melebihi bagian terluas dari wajah, di sisi lain, harus dihindari.

Wajah Berbentuk Bulat

Fitur wajah ini ditandai dengan tulang pipi yang penuh, dahi yang sempit, dan garis rahang yang sempit. 

Akibatnya, ini ideal untuk berbagai tontonan ekstrem. Kacamata bundar, di sisi lain, harus dihindari karena dapat menyembunyikan bentuk wajahnya yang menarik.

Kacamata persegi panjang dan mata kucing adalah dua jenis kacamata terbesar bagi mereka yang memiliki fitur bulat. Cocok juga untuk memakai berbagai jenis kacamata dengan model klasik.

Wajah Berbentuk Diamond

Dagu yang runcing dan tulang pipi yang tinggi adalah dua fitur yang paling membedakan dari bentuk wajah berlian. 

Pemilik wajah ini sangat beruntung, karena hampir semua bentuk tontonan bisa dikenakan. Akibatnya, pilih bentuk atau gaya kacamata yang paling nyaman dan diinginkan.

  • Bagikan