Kapan Diperbolehkan Bayi Tidur Tengkurap Dan Seberapa Bahaya Bila Bayi Tengkurep

  • Bagikan

Siliput.com-Beberapa orang percaya bahwa menidurkan bayi dalam posisi tengkurap akan membuat mereka merasa aman dan terlindungi. Padahal, posisi ini berpotensi menimbulkan berbagai gangguan 

kesehatan yang berbahaya bagi bayi. Jadi, kapan bayi harus tidur tengkurap dan apa yang harus diperhatikan orang tua?

Hal ini menguntungkan untuk perkembangan motorik bayi untuk melatih mereka pada perut mereka. Namun, Anda harus berhati-hati. Posisi ini berpotensi melukai anak Anda pada usia tertentu, apalagi jika dibiarkan tengkurap dalam waktu lama atau dibiarkan tidur tengkurap?

Bahaya Bayi Tidur tengkureb

Berikut adalah beberapa bahaya yang mungkin dihadapi anak Anda jika ia dibiarkan tidur tengkurap:Seorang bayi meninggal secara tak terduga.

Postur tidur tengkurap dapat membantu bayi tidur lebih nyenyak dan tidak mudah terbangun. Namun, membiarkan bayi berbaring tengkurap terlalu cepat dapat meningkatkan risiko bayi baru lahir 

meninggal secara tidak terduga, suatu kondisi yang dikenal sebagai sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

Napas bayi menjadi tidak menentu menjadi kekurangan oksigen (hipoksia), yang dapat menyebabkanSuhu bayi naik.

Postur tidur tengkurap juga dianggap meningkatkan suhu tubuh bayi, membuatnya lebih rentan terhadap panas berlebih. Bayi juga bisa kepanasan jika tidur dengan pakaian berlapis atau tebal, selimut tebal, atau lingkungan yang panas.

Saat di luar panas, bayi baru lahir kurang nyaman dan rewel, yang membuatnya sulit untuk tertidur atau bangun sepanjang malam. Selain itu, bayi baru lahir yang terlalu panas atau dingin berisiko meninggal mendadak.

Namun, tidur tengkurap belum tentu buruk bagi bayi. Kapasitas bayi untuk mengatur tubuhnya akan meningkat seiring bertambahnya usia. Bayi biasanya dapat berguling ke depan dan ke belakang pada usia 5-6 bulan.

Ketika anak Anda dapat secara teratur mengatur gerakan tubuhnya sendiri, tidak ada alasan untuk tidak membiarkannya tidur tengkurap atau dalam posisi lain yang nyaman baginya.

Posisi Terbaik untuk Bayi untuk Tidur

Meskipun bayi berusia 5 atau 6 bulan biasanya mampu mengendalikan tubuhnya sendiri, bahaya SIDS tetap signifikan hingga bayi mencapai usia 12 bulan.Alhasil, Bunda dan Ayah jangan khawatir dengan keselamatan Si Kecil

tetap menidurkanannya dalam posisi tidur telentang hingga usia 1 tahun, tetap menidurkanannya dalam posisi tidur telentang hingga usia 1 tahun, tetap menidurkanannya dalam posisi tidur telentang 

Meskipun ada kepercayaan bahwa bayi telentang dapat menyebabkan bayi menjadi sedak karena gangguan asam lambung atau GERD, tidak ada bukti yang mendukung kepercayaan tersebut. Menurut saya, posisi bayi tidur tengkurap jauh lebih berbahaya daripada posisi bayi tidur telentang.

Apa yang terjadi jika bayi tidur dalam posisi miring? Ini juga tidak dianjurkan, karena ada risiko bayi akan tetap berada di posisi yang sama sepanjang hari.

Selain memastikan bayi bebas telentang, penting juga untuk memastikan bayi selalu dipantau.sehingga benda apa pun yang mungkin bisa menyembunyikan wajahnya saat tidur, seperti selimut, bantal, guling, atau boneka, tidak menghalangi mulut dan hidung si kecil

Tips Menjaga Bayi Tetap Aman Saat Tidur

Berhasil menidurkan bayi Anda dengan cara yang tepat akan membantu Anda menghindari sindrom kematian bayi mendadak. Oleh karena itu, ingatlah saran-saran ini saat menidurkan bayi Anda:

Pastikan kasur ditutupi dengan seprai yang sesuai dan permukaannya tidak terlalu empuk. Selanjutnya, jangan menidurkan anak di atas kasur air, bantal, sofa, atau kursi.

Saat anak Anda sedang tidur, jangan mengelilinginya dengan bantal tambahan, selimut, boneka, atau barang lainnya.Bumper dan pelapis tidak boleh digunakan di tepi boks bayi.

Kenakan pakaian longgar yang tidak berlapis. Sesuaikan suhu kamar bayi menjadi 20–21 derajat Celcius, yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

Jauhkan anak Anda dari asap rokok, polusi, dan debu.Menyusui dia secara teratur untuk memberinya ASI.Setelah bayi Anda berusia satu bulan, berikan dia dot atau dot bayi untuk membantunya tidur. Jika anak Anda menolak menggunakan dot, jangan paksakan

Sangat penting untuk menidurkan bayi dalam posisi dan lingkungan yang aman. Jika anak Anda terlalu cepat tertidur miring atau tengkurap, gulingkan dia dengan lembut ke punggungnya.

Jika Anda masih khawatir tentang bayi Anda tidur tengkurap atau ingin memastikan bahwa tidur dalam posisi ini aman untuk anak Anda, temui dokter anak.

  • Bagikan