Obat Sariawan Alami Agar Terbebas Dari Rasa Perih Dan Nyeri

  • Bagikan

Siliput.com-Sariawan membuat sulit makan dan minum bagi penderitanya. Ada berbagai obat sariawan alami yang bisa Anda gunakan untuk meredakan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan. Alhasil, Anda akan merasa lebih nyaman saat makan.

Hingga saat ini, penyebab sariawan yang sebenarnya masih belum diketahui. Sariawan di lidah, bibir, atau di dalam mulut, di sisi lain, mungkin disebabkan oleh infeksi virus atau jamur, alergi makanan, atau kekurangan nutrisi. Kondisi ini juga bisa terjadi saat Anda sedang stres.

hanya itu, sistem kekebalan tubuh yang bermasalah, perubahan hormon, siklus menstruasi, kebiasaan merokok, mulut kering, dan luka di mulut juga bisa menjadi penyebab timbulnya sariawan.

Obat Sariawan Alami

Dalam 10-14 hari, sariawan biasanya hilang dan sembuh dengan sendirinya. Sariawan, di sisi lain, dapat berlangsung selama beberapa minggu dan bahkan meninggalkan bekas. Anda bisa mencoba teknik alami menyembuhkan sariawan berikut ini untuk membantu mempercepat proses penyembuhan:

1. Gunakan larutan garam untuk berkumur.

Berkumur dengan larutan garam telah terbukti membantu meredakan ketidaknyamanan, mengurangi peradangan, dan mempercepat proses penyembuhan sariawan pada gusi, bibir, atau mulut. Rahasianya 

adalah dengan melarutkan 1 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, lalu berkumurlah selama 15–30 detik dengan larutan tersebut. Soda kue, selain garam, bisa digunakan.

2. Kompres dengan kantong teh chamomile

Chamomile mengandung bahan kimia anti-inflamasi dan antiseptik yang disebut azulene dan evumenol, yang dianggap membantu mengurangi sariawan dan mempercepat proses penyembuhan.

Pendekatannya sederhana: rendam kantong teh chamomile dalam air hangat, lalu gunakan kantong teh untuk mengompres sariawan. 3-4 kali sehari, kompres selama kurang lebih 5 menit.

3. Gunakan madu

Madu, selain chamomile, mengandung kualitas anti-inflamasi dan antibakteri, menjadikannya pengobatan yang efektif untuk sariawan. Madu dapat dioleskan pada sariawan 3-4 kali sehari sampai 

sembuh. Madu murni yang belum dipasteurisasi adalah jenis madu terbaik untuk menyembuhkan sariawan.

4. Konsumsi sayuran dan buah-buahan

Anda juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi, seperti vitamin B, vitamin C, seng, zat besi, dan seng, agar sariawan cepat sembuh. Nutrisi ini dapat ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Berbagai 

nutrisi untuk mengobati sariawan dapat diperoleh melalui suplemen tambahan selain sayuran dan buah-buahan.

Anda dapat menggunakan sejumlah kecil magnesium hidroksida cair di lokasi sariawan selain beberapa terapi alami yang tercantum di atas. Magnesium hidroksida adalah bahan umum dalam obat sariawan cair.

Jangan lupa juga untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh Anda. Ini karena sariawan dapat menyebabkan mulut kering, yang dapat menyebabkan dehidrasi. Akibatnya, minum.air putih agar sariawan yang anda alami cepet sembuh.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Anda Tidak Ingin Sariawan Anda Semakin Memburuk

  • Selain obat sariawan alami yang tercantum di atas, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk mencegah sariawan semakin parah:
  • Makanan yang lembut dan mudah ditelan direkomendasikan.
  • Hindari makanan yang panas, asam, atau terlalu keras, seperti keripik kentang dan kacang-kacangan.
  • Cairan manis dan berkafein, seperti kopi, minuman ringan, dan minuman beralkohol, juga harus dihindari.
  • Berhenti merokok.
  • Sebaiknya jangan menyentuh sariawan karena dapat menyebarkan infeksi.
  • Gunakan obat kumur secara teratur.
  • Jika sariawan terasa sangat menyakitkan, minumlah dengan sedotan.

Cara mencegah sariawan muncul kembali:

  • Jika sebelumnya Anda telah menyingkirkan sariawan, ikuti langkah-langkah berikut untuk mencegah sariawan muncul kembali:
  • Makanan yang mengiritasi mulut, seperti makanan asam, panas, atau pedas, sebaiknya dihindari secara berlebihan.
  • Sikat gigi Anda dua kali sehari dengan sikat gigi berbulu lembut dan benang di sela-sela gigi Anda menggunakan benang gigi untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda.
  • Produk pembersih yang mengandung natrium lauril sulfat harus dihindari.
  • Jika obat sariawan alami yang tercantum di atas tidak membantu menyembuhkan sariawan Anda atau setidaknya membaik, segera temui dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Anda juga dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter, bila sariawan muncul secara berulang, semakin melebar dan menyebar, terasa sangat nyeri, serta berlangsung selama 3 minggu atau lebih.

  • Bagikan