Penyebab Motor Matic Gredek dan 3 Tips Mengatasinya

penyebab motor matic gredek

Penyebab motor matic gredek, di mana penggunaan motor matic sebagai alat transportasi kian di gemari. Berbeda dengan motor manual yang memerlukan skill khusus untuk mengendarainya dengan mulus, motor jenis automatic telah di rancang sedemikian rupa untuk memudahkan pengendara.

Jika Anda termasuk pengendara pemula, motor ini bisa menjadi pilihan. Anda tak perlu menguasai teknik kombinasi gear dan kopling layaknya mengendarai motor manual. Sistem ini telah di rancang secara otomatis sehingga memudahkan Anda berkendara di segala jenis kondisi jalan.

Perawatan rutin menjadi keharusan jika Anda sering mengendarai motor automatic untuk beraktivitas setiap hari. Salah satu yang paling sering di keluhkan pengendara adalah timbulnya gredek atau getaran pada komponen Countinuously Variable Transmission (CVT) saat pertama kali menghidupkan motor. Lalu, apa saja pemicu terjadinya gredek tersebut dan bagaimana cara mengatasinya? Simak artikel ini selengkapnya!

Penyebab Terjadinya Gredek pada Motor Matic

Pengendara sering mengeluhkan terjadinya getaran yang kurang nyaman saat menarik gas untuk menjalankan motor. Kondisi ini di sebut gredek atau getaran pada komponen CVT motor. Seperti di ketahui, CVT merupakan komponen penting yang berperan meneruskan putaran yang di hasilkan oleh mesin menuju roda motor.

Lantas, apa pemicu motor matic gredek? Getaran saat tarikan awal ini biasanya di picu slip pada kampas ganda. Slip ini terjadi karena banyaknya kotoran dan debu yang menempel pada komponen CVT. Kotoran dan debu ini biasanya berasal dari luar dan terhisap ke dalam motor. Kotoran juga di hasilkan dari sisa kampas yang terkikis habis. Debu dan kotoran ini akan menumpuk di rumah kampas ganda sehingga memicu slip kampas dan mengakibatkan gredek pada motor matic.

Itulah sebabnya Anda sebagai pengendara di haruskan melakukan perawatan rutin untuk menjaga komponen motor selalu bersih sehingga performanya selalu optimal. Perawatan rutin juga mencakup penggantian komponen motor jika di perlukan.

Tips Mengatasi Gredek pada Motor Matic

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gredek pada motor matic Anda.

1. Membuat Lubang pada Mangkuk Kampas Ganda

Jika motor matic Anda mengalami gredek, langkah awal yang bisa di lakukan adalah membuat lubang pada mangkuk kampas ganda. Anda bisa meminta bantuan montir bengkel untuk melakukannya atau Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah.

Lubang-lubang yang di buat pada mangkuk kampas ganda berguna untuk membuang semua kotoran dan debu yang memicu gredek pada komponen CVT motor Anda. Selain itu, lubang-lubang ini bisa berperan sebagai pendingin. Dengan melakukan tips sederhana ini, gredek pada motor Anda niscaya bisa berkurang.

2. Membuat Permukaan Mangkuk Kampas Ganda Lebih Kasar

Jika tips melubangi mangkuk kampas ganda tidak berhasil mengurangi gredek pada motor matic, Anda bisa melakukan tips kedua ini. Buatlah permukaan mangkuk kampas ganda lebih kasar dari sebelumnya.

Dalam dunia otomotif, teknik ini biasanya di sebut karteling. Teknik karteling di lakukan dengan membuat garis-garis pada permukaan mangkuk kampas ganda. Tujuannya agar permukaan menjadi lebih kasar dari bawaan pabrikan.

Dengan melakukan teknik ini, kampas ganda yang berada dalam mangkuk akan mencengkram lebih kuat ke mangkoknya. Perlakuan ini akan meminimalkan terjadinya slip sebagai pemicu terjadinya gredek pada motor. Untuk hasil maksimal, Anda perlu meminta bantuan montir bengkel melakukan teknik ini.

3. Ganti Kampas Ganda dengan Material Lebih Keras

Kampas ganda bawaan pabrik biasanya lebih cepat terkikis habis. Sisa-sisa hasil kikisan akan menjadi kotoran yang mudah menempel pada komponen CVT dan menimbulkan gredek pada motor matic.

Setelah Anda melakukan teknik karteling dengan membuat permukaan mangkuk kampas ganda menjadi lebih kasar dari sebelumnya, Anda perlu mengganti kampas ganda bawaan pabrik dengan kampas yang terbuat dari material lebih keras.

Anda bisa mencoba kampas ganda berbahan karbon untuk mengganti kampas ganda bawaan pabrik yang sudah terpasang di motor Anda. Selain itu, jika kesulitan menemukan kampas ganda berbahan karbon, Anda bisa melakukan teknik pantekan pada kampas dengan bantuan montir bengkel.

Pantekan kampas merupakan teknik melapisi kembali kampas ganda yang sudah tipis atau habis pada motor. Teknik melapisi kampas ini biasa di lakukan juga untuk motor manual. Melapisi kembali kampas ganda yang sudah habis akan mengurangi terjadinya gredek pada motor matic kesayangan Anda.

Perawatan rutin menyeluruh pada motor matic akan sangat memengaruhi performa motor. Salah satunya adalah mengurangi kemungkinan terjadinya gredek. Selain itu, perawatan rutin akan membuat motor Anda awet dan tahan lama untuk di kendarai dalam jangka panjang.

Pos terkait