Radang Tenggorokan Bisa Coba Tips Ramuan Ini Ampuh Hasilnya.

  • Bagikan

Siliput.com-Radang tenggorokan atau nyeri tenggorokan bisa terjadi pada siapa saja. Meski bukan, tergolong masalah kesehatan yang berbahaya, nyatanya hal ini dapat mengganggu aktivitas Anda. 

Kalau sudah begini, Anda harus tahu cara mengatasi radang tenggorokan yang tepat.Radang, tenggorokan adalah peradangan pada tenggorokan yang menyebabkan suara serak serta nyeri saat. 

menelan. Keluhan ini kadang menjadi gejala awal dari munculnya infeksi saluran napas bagian atas, yang bisa dipicu oleh bakteri maupun virus.

Berikut ini cara mengobati radang tenggorokan yang mudah dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Istirahat.

Istirahat adalah teknik sederhana untuk meredakan sakit tenggorokan. Ya, cukup tidur akan membantu pemulihan peradangan atau infeksi.

Anda akan memberi tubuh Anda lebih banyak waktu untuk membangun sistem kekebalan yang lebih kuat dan sembuh lebih cepat jika Anda cukup istirahat.

2. Konsumsi air dalam jumlah besar

Untuk meredakan sakit tenggorokan, minumlah banyak air.

Cegah tenggorokan Anda menjadi kering. Tenggorokan kering memang tidak enak. Akibatnya, meningkatkan konsumsi air adalah strategi yang baik untuk meredakan sakit tenggorokan.

3. Gunakan air garam untuk berkumur

Apakah Anda menderita sakit tenggorokan? Berkumurlah dengan air garam hangat dan lihat apa yang terjadi. Karena garam terlarut menarik air, bakteri di tenggorokan dibilas oleh air.

4. Gunakan obat kumur atau antiseptik untuk berkumur.

Berkumur dengan antiseptik, selain air garam, adalah pendekatan lain untuk meredakan sakit tenggorokan. Ini akan membantu dalam penghancuran bakteri yang menyebabkan peradangan.

5. Konsumsi Air Lemon

Lemon tinggi vitamin C, yang membantu dalam pemulihan sakit tenggorokan. Tenggorokan akan terasa lebih baik setelah minum air lemon hangat.

6. Konsumsi Air Jahe

Air lemon tidak hanya memiliki manfaat untuk meredakan sakit tenggorokan, tetapi juga air jahe. Pendekatan ini bersifat antimikroba, menghangatkan tubuh, dan mengurangi peradangan.

7. Minum segelas air hangat madu.

Salah satu teknik untuk mengobati sakit tenggorokan adalah dengan meminum air hangat yang dicampur dengan madu. Madu telah terbukti bermanfaat dalam menurunkan peradangan dan menekan batuk, terutama yang terjadi pada malam hari, menurut penelitian.

Tapi pertama-tama, periksa kembali apakah madu yang Anda gunakan adalah madu asli, bukan pemanis buatan.

8. Hindari Paparan Asap Rokok dan Berhenti Merokok

Menghindari asap rokok bisa menjadi strategi yang efektif untuk menghilangkan radang tenggorokan. Apalagi jika Anda memiliki penyakit yang menyebabkan sakit tenggorokan. Akibatnya, jika Anda merokok, Anda harus berhenti dulu.

9. Pakai Masker

Penggunaan masker adalah pendekatan lain yang bermanfaat untuk mengatasi sakit tenggorokan. Saat berada di luar atau di tempat berdebu, usahakan menggunakan masker untuk menghindari bahan iritan yang bisa memperparah sakit tenggorokan.

10. Mempekerjakan penggunaan minyak esensial

Apakah Anda mulai lelah dengan sakit tenggorokan Anda? Gunakan essential oil atau minyak esensial jika ingin berkreasi. Minyak atsiri yang dipanaskan dan dihirup dapat membantu meredakan iritasi tenggorokan. Minyak esensial beraroma peppermint, misalnya, dapat digunakan.

Bagi Anda pencinta makanan pedas, sebaiknya hindari dulu kebiasaan ini saat terkena radang tenggorokan. Makanan pedas memicu batuk, sakit menelan, dan menambah keparahan sakit tenggorokan.

11. Jangan Terlalu Banyak Bicara

Berbicara berlebihan akan memperburuk iritasi. Alasan untuk ini adalah bahwa kebisingan yang berlebihan dapat menambah beban pada kabel suara Anda. Akibatnya, sakit tenggorokan bisa semakin parah. Jadi, ingatlah untuk menjaga tenggorokan Anda tetap bersih dengan berbicara hanya jika diperlukan.

12. Hilangkan Makanan Pedas

Jika Anda menikmati makanan pedas, Anda harus menahan diri untuk tidak melakukannya saat menderita radang tenggorokan. Batuk, sulit menelan, dan peningkatan keparahan sakit tenggorokan semuanya disebabkan oleh makanan pedas. 

  • Bagikan